• Contact

Ditemukan Fosil Dinosaurus dengan Tanduk Panjang

Ditemukan Fosil Dinosaurus dengan Tanduk Panjang di Meksiko

Tanduk dinasaurus ini merupakan yang terpanjang selama sejarah penemuan yang ada/ Foto: AFP/Utah Museum Of Natural History At The University Of Utah/Lukas Panzarin

PARA AHLI paleontologi dari Universitas Utah dan Museum Sejarah Alam Utah, Amerika Serikat, baru-baru ini mengumumkan telah menemukan spesies baru dinosaurus yang diberi nama Coahuilaceratops magnacuerna di sekitar lapisan batuan formasi Cerro del Pueblo, di Gurun Coahuila, Meksiko, sampai bagian barat Amerika Utara. Dinasaurus ini memiliki ciri-ciri tanduk yang menjulang panjang di atas kepalanya sekitar 122 centimeter, dan para ahli memperkirakan ini merupakan tanduk terpanjang untuk jenis dinosaurus selama sejarah ilmu pengetahuan.

Diperkirakan, fosil hewan pemakan tumbuhan ini memiliki panjang sekitar 22 kaki atau 6,7 meter, dengan tinggi sekitar dua meter dan beratnya sekitar 4,5 ton.

Mark Loewen, salah seorang ahli paleontologi dari Museum Sejarah Alam Utah mengatakan, ”Ini merupakan tanduk terpanjang untuk jenis dinosaurus.”

Ekspedisi dan penelitian jejak Coahuilaceratops magnacuerna ini sebenarnya telah dilakukan sejak tahun 2002 hingga 2003 lalu di Gurun Coahuila. Didanai olej National Geographic Society dan Universitas Utah, Amerika Serikat. Dan rencananya, spesies dinosaurus bertanduk ini akan dipublikasikan dalam buku New Perspectives on Horned Dinosaurus yang diluncurkan pekan depan.

”Penemuan ini sangat penting dan menambah pengetahuan kita tentang dinosaurus yang hidup di Meksiko. Penemuan ini juga sekaligus menjadi elemen penting dalam mengungkap misteri kuno benua pulau ini,” kata Scott Sampson dari Museum Sejarah Alam Utah.

Baca Artikel lainnya dibawah ini:

Description: Ditemukan Fosil Dinosaurus dengan Tanduk Panjang Rating: 4.5 Reviewer: Egi Dwi Purnomo ItemReviewed: Ditemukan Fosil Dinosaurus dengan Tanduk Panjang
Posted by:Mbah Qopet
Mbah Qopet Updated at: 15.18.00

0 komentar

Posting Komentar

Tuliskan Pendapat, Kritik, atau Saran anda, berkomentarlah dengan bahasa yang baik.
Terima Kasih.

Sains

Historis