• Contact

Ganggang Berperan Dalam Kepunahan Dinosaurus?

(Foto: BBC)

WASHINGTON - Studi terbaru menyebutkan, ada kemungkinan bahwa tumbuhan ganggang turut andil dalam kemusnahan dinosaurus.

Pada sekira 540 juta tahun silam, terjadi pemusnahan lima jenis organisme dalam jumlah besar. Dalam hal ini, 50 hingga 90 persen dari organisme yang punah tersebut merupakan spesies hewan.

Hasil studi yang dilakukan James Castle dan John Rodgers dari Clemson University menyebutkan, racun ganggang memainkan peranan penting dalam kepunahan lima organisme Bumi, termasuk di antaranya spesies yang paling dikenal yaitu hilangnya populasi hewan-hewan dinosaurus sekira 65 juta tahun lalu.

"Kami tidak menemukan adanya fosil gangang pada masa kepunahan dinosaurus. Namun kami menduga, bentuk lain dari ganggang turut berperan dalam proses kepunahan tersebut," kata Castle seperti dikutip dari LiveScience, Selasa (3/11/2009).

Ganggang merupakan organisme sangat sederhana yang mendapatkan energi dari cahaya matahari. Beberapa spesies ganggang menghasilkan racun yang membahayakan organisme air lainnya dan juga manusia.

Contohnya, satu kelompok ganggang bernama dinoflagellates dapat melepaskan neurotoxin atau racun syaraf yang menyerang sel syaraf.

Ganggang dan mikroba lainnya dapat tumbuh dengan cepat dan bisa mengumpulkan populasi yang padat saat dia mendapatkan nutrisi yang berlimpah. Keadaan ini biasa disebut dengan 'algae blooms'.

Pada masa ini, racun ganggang akan menyebar dan memiliki efek yang dapat membinasakan seluruh ekosistem, seperti ikan, mamalia laut, burung dan bahkan manusia.

Namun Castle dan Rodgers menyebutkan, hipotesis ini tidak berarti menyebutkan bahwa ganggang merupakan satu-satunya faktor kepunahan dinosaurus dan organisme purbakala lainnya.

Keduanya menganggap gangang sebagai bagian dari "mekanisme membunuh" dalam proses seleksi alam.

Baca Artikel lainnya dibawah ini:

Description: Ganggang Berperan Dalam Kepunahan Dinosaurus? Rating: 4.5 Reviewer: Egi Dwi Purnomo ItemReviewed: Ganggang Berperan Dalam Kepunahan Dinosaurus?
Posted by:Mbah Qopet
Mbah Qopet Updated at: 14.03.00

0 komentar

Posting Komentar

Tuliskan Pendapat, Kritik, atau Saran anda, berkomentarlah dengan bahasa yang baik.
Terima Kasih.

Sains

Historis