• Contact

GLOBE At Night 2011

Kurangi cahaya lampu untuk lebih banyak cahaya bintang. Hemat energi dan selamatkan langit malam. Itulah tema dan tujuan kampanye GLOBE at Night di tahun 2011.
Mungkin tak banyak yang tahu apa itu GLOBE at Night, berbeda dengan Earth Hour yang sudah sangat dikenal di seluruh dunia. GLOBE at Night lebih populer di kalangan astronomi karena program kampanye yang satu ini terkait dengan aktivitas malam para astronom yaitu mengamati langit. Padahal sesungguhnya GLOBE at Night / GAN memiliki tujuan yang sama dengan Earth Hour, yaitu untuk menghemat energi.
Kartu Pos GLOBE at Night 2011.
Globe at Night
GLOBE at Night merupakan kegiatan sains-masyarakat yang dilakukan secara global untuk mengajak siswa, pendidik, aktivis langit gelap dan masyarakat umum untuk mengukur tingkat kegelapan lagit di area mereka dan mengkontribusikan hasil pengamatan mereka secara global melalui dunia maya. Tujuannya adalah untuk membangkitkan kepedulian publik terhadap dampak cahaya artifisial pada lingkungan dengan mengajak masyarakat terlibat aktif untuk mencoba sendiri perbedaannya.
Busur Bima Sakti yang seharusnya tampak jika langit gelap. Kredit : Babak A. Tafreshi
Program ini dimulai dengan kesadaran bahwa perkembangan setengah populasi dunia hidup di area perkotaan dan masyarakat perkotaan tersebut belum pernah dan tidak akan pernah menikmati keindahan langit malam nan gelap yang murni. Kehilangan tersebut disebabkan oleh polusi cahaya yang juga menjadi perhatian terkait permasalahan hemat energi, konservasi energi, biaya, kesehatan serta dampak yang ditimbulkan pada hewan liar dan bagi para astronom tentunya problematika untuk melihat bintang di langit. Meskipun polusi cahaya merupakan masalah serius yang menjadi perhatian global, masyarakat pun dapat berpartisipasi untuk ikut menanggulangi masalah tersebut dari lingkungannya sendiri.
Peta polusi cahaya di dunia. Kredit : NASA
Untuk itulah masyarakat diajak untuk berpartisipasi dalam kampanye berburu bintang yang diharapkan dapat menjadi awal untuk mengenali problema polusi cahaya di lingkungan lokal maupun global. Kampanye ini mengundang semua orang di seluruh dunia untuk mencatat kecerlangan langit malam.
Kampanye GLOBE at Night
Kampanye GLOBE at Night akan dilakukan tanggal 22 Maret – 4 April di langit utara dan bagi yang berada di langit selatan, kampanye dilaksanakan dari tanggal 24 Maret – 6 April.
Peta hasil pengamatan GLOBE At Night 2010. kredit : GLOBE at Night
Kampanye GLOBE at Night tidaklah sulit, selain itu juga sangat menyenangkan.  Yang harus dilakukan adalah :
  1. Tentukan lokasimu ( Bujur dan Lintang lokasi pengamatan)
  2. Temukan rasi Leo atau Crux (Salib Selatan) dengan menggunakan peta langit sederhana dari lokasi pengamatanmu. Lakukan pengamatan tersebut selama lebih dari 1 jam setelah matahari terbenam ( 20.00 – 22.00 waktu setempat)
  3. Cocokan langit malam yang diamati dengan chart magnitudo di web GLOBE at Night. Ini bertujuan untuk mengetahui seredup apakah bintang yang dilihat di lokasimu.
  4. Laporkan hasil pengamatan
  5. Bandingkan hasil pengamatan dengan pengamatan lain yang berasal dari berbagai lokasi di seluruh dunia.
Setelah seluruh hasil pengamatan dimasukkan, penggagas GLOBE at Night akan merilis peta polusi cahaya global.   Kegiatan pengamatan untuk kampanye GLOBE at Night bisa diikuti tidak hanya oleh orang dewasa melainkan juga oleh anak-anak dan kemudian melaporkan hasil pengamatan melalui aplikasi web yang sudah disiapkan di WebApp GLOBE at Night.  Lembar kerja selama pelaksanaan GLOBE at night bagi siswa dan guru bisa diunduh di halaman resource GAN.
Dalam rentang tanggal kampanye pengamatan GLOBE at Night tanggal 26 Maret 2011 akan bertepatan dengan program Earth Hour, yang mengajak masyarakat untuk mematikan lampu selama 1 jam dari jam 20.30 – 21.30 waktu lokal.  Tujuan keduanya pun sama. Untuk itu, disarankan juga agar selama Earth Hour, dilakukan pengamatan langit malam. Langkah-langkahnya sama tapi dilakukan sebelum lampu dimatikan dan sesudah lampu dimatikan.  Setelah itu lihat perbedaan obyek-obyek langit yang bisa dilihat saat lampu masih dinyalakan dan saat lampu dimatikan dan bandingkan dengan chart yang sudah disediakan.

Baca Artikel lainnya dibawah ini:

Description: GLOBE At Night 2011 Rating: 4.5 Reviewer: Egi Dwi Purnomo ItemReviewed: GLOBE At Night 2011
Posted by:Mbah Qopet
Mbah Qopet Updated at: 11.53.00

0 komentar

Posting Komentar

Tuliskan Pendapat, Kritik, atau Saran anda, berkomentarlah dengan bahasa yang baik.
Terima Kasih.

Sains

Historis