• Contact

Dinosaurus E-Z


  • Eustreptospondylus 

  • Giganotosaurus 

  • Gracilisuchus 

  • Herrerasaurus 

  • Hypsilophodon 

  • Iguanodon 

  • Kentrosaurus 

  • Kronosaurus 

  • Lystrosaurus 

  • Megalosaurus 

  • Ophthalmosaurus 

  • Ornitholestes 

  • Ouranosaurus 

  • Postosuchus 

  • Psittacosaurus 

  • Scelidosaurus 

  • Seismosaurus 

  • Shunosaurus 

  • Stegosaurus 

 

Eustreptospondylus – Dinosaurus Pemburu Mangsa Yang Lebih Besar

EustreptospondylusDengan rahang yang besar, cakar yang tajam dan kaki yang berotot, dinosaurus ini adalah pemburu brutal yang cerdik, dapat memburu dan membunuh binatang yang jauh lebih besar dari dirinya. Setelah pengejaran yang cepat, Eustreptospondylus akan menyerang mangsanya dan melukainya sebesar luka gigitan. Para ilmuwan berpendapat bahwa mereka mungkin adalah pemburu tunggal. Walaupun yang masih muda baru sebesar singa, dapat juga menangkap pemakan tumbuhan yang kecil dan lambat dengan mudah.
Satu-satunya fosil kerangka yang telah ditemukan berada di endapan yang berada didasar laut jutaan tahun yang lalu. Para ilmuwan hanya dapat menduga bagaimana badan dari hewan darat ini dapat berada di lautan, dimana kemudian menjadi fosil.
Info Dino
Panjang : Mungkin 7 – 9 meter setelah dewasa penuh
Bobot : Hingga 500 kilogram
Makanan : Dinosaurus pemakan tumbuhan, hidup atau mati
eustreptospondylus
Kerangka Eustreptospondylus ditemukan di terowongan tanah liat di sebelah utara Oxford, Inggris. Selama pertengahan zaman Jurassic, daerah Oxford berada dibawah laut. Pada saat itu, satu-satunya benua dunia, dikenal dengan Pangaea, mulai terpisah menjadi beberapa benua.
Fakta Lain
  • Fosil Eustreptospondylus sepanjang 5 meter, namun tulang belakangnya terlihat belum tumbuh secara penuh, sehingga para ilmuwan menyimpulkan bahwa ia masih muda. Sehingga yang telah dewasa seharusnya lebih besar.
  • Karena kerangka dari Eustreptospondylus ditemukan di tanah liat dari dasar laut purba, beberapa ahli berpendapat bahwa hewan ini hidup didekat pantai, menyambar pterosaurus (reptil terbang) di pantai dan menyelam ke perairan dangkal untuk menangkap ikan, kura-kura dan bahkan ikan hiu.
  • Beberapa ilmuwan memperkirakan bahwa Eustreptospondylus memiliki kepandaian untuk berenang jarak pendek diantara pulau-pulau kecil untuk mencari makan, mengayuh dengan cepat kaki belakangnya dan mungkin juga menggunakan ekornya untuk keseimbangan dan arah.
 
 





Giganotosaurus – Dinosaurus Pemakan Daging Terbesar

giganotosaurusGiganotosaurus adalah dinosaurus pemakan daging terbesar yang pernah berburu didaratan. Ia bahkan lebih besar dari Tyrannosaurus rex. Dengan rahangnya yang menyerupai gunting tajamnya dan gigi yang bergerigi, mereka dapat menggigit tembus kedalam daging seperti pisau memotong masuk kedalam mentega. Rahangnya cukup besar untuk menelan seorang manusia dewasa secara utuh! Bila ukurannya tidak membuat takut terlebih dahulu, Giganotosaurus mungkin akan berburu dalam kelompok untuk mengalahkan dinosaurus pemakan tumbuhan raksasa.
Info Dino
Panjang : 14 meter
Tinggi : 4.5 meter hingga paha; 7 meter hingga kepala
Bobot : Hingga 8 ton
Makanan : Dinosaurus lainnya
peta-giganotosaurus
Giganotosaurus bisa saja menjelajah hingga jauh melewati Amerika Selatan, namun sejauh ini fosilnya hanya ditemukan di dekat kota Patagoniandi El Chocon dan Plaza Huincul di Argentina. Saat ini, Patagonia kering dan berangin, namun pada zaman Cretaceous pertengahan tempat ini lembab dan penuh tanaman – tempat yang cocok untuk pemakan tumbuhan dimana Giganotosaurus harus juga hidup.
Fakta Lain
  • Giganotosaurus hanya salah satu dari beberapa dinosaurus yang ditemukan di Amerika Selatan beberapa tahun belakangan ini. Yang lainnya termasuk pemakan tumbuhan raksasa Argentinosaurus, pemburu bertanduk aneh Carnotaurus, ditemukan pada tahun 1999, dimana mungkin akan menemukan yang lebih besar dari Giganotosaurus.
  • Penemuan banyak fosil di Kanada membuktikan bahwa Tyrannosaurus rex mungkin berburu dalam kelompok, seperti yang mungkin dilakukan oleh Giganotosaurus.
  • Giganotosaurus diyakini memiliki hubungan dekat dengan pemangsa raksasa lainnya, Carcharodontosaurus, yang hidup pada saat yang sama di tempat yang sekarang dikenal dengan Afrika. Para ilmuwan percaya bahwa hal ini menunjukkan bahwa adanya daratan yang menyatu antara Afrika dan Amerika Selatan di zaman Cretaceous pertengahan.

Gracilisuchus – Dinosaurus Kecil Yang Gesit

GracilisuchusHiduplah diantara dinosaurus yang paling awal reptil kecil yang gesit yang mampu menangkap ikan dari air, mengejar kadal di daratan, dan bahkan merenggut serangga dari udara.
Gracilisuchus adalah predator berkaki panjang yang biasanya berlari dengan ke-empat kakinya, namun juga dapat berlari dengan ke-dua kakinya dengan diimbangi oleh ekornya yang panjang. Tungkai dan lengannya yang gesit, mata yang besar dan cakar yang panjang menjadikan reptil ini predator yang sungguh mematikan. Mereka dapat berburu segala jenis binatang atau merampas daging dari pembunuh yang lebih besar.
Info Dino
Panjang : 45 – 50 centimeter, termasuk tengkoraknya 9.5 centimeter
Makanan : Mungkin kadal kecil, serangga, ikan dan daging bangkai
Senjata : Gigi dan cakar
gracilisuchus
Fosil Gracilisuchus ditemukan di sebelah utara Argentina. Sekitar 230 juta tahun yang lalu, daerah ini adalah bagian dari benua raksasa Pangaea. Cuaca berubah secara perlahan dari hangat dan lembab menjadi panas dan kering, dan sebagian besar tumbuhan berubah menjadi pakis dan pohon jarum. Banyak binatang jenis baru yang muncul, termasuk Gracilisuchus.
Fakta Lain
  • Bersama dengan Gracilisuchus, banyak dari jenis awal dari makhluk berbentuk buayahidup di zaman Triassic. Termasuk Parasuchus, yang memiliki moncong panjang, ramping seperti buaya modern, dan rauisuchians, yang berukuran hingga 7 meter yang menjadi pembunuh utama pada saat itu.
  • Tulang belakang Grasilisuchus dilindungi oleh lempeng perisai yang bergabung. Beberapa ilmuwan berpendapat bahwa lempengan perisai itu melindungi tulang belakang, namun yang lainnya berpendapat bahwa lempeng perisai ini membantu mereka untuk memperkeras tubuh mereka dengan demikian membantu keseimbangan.
  • Alfred Romer pertama kali mejabarkan tentang Gracilisuchus pada tahun 1972.  Binatang ini mirip Ornithosuchus, reptil lainnya di zaman Triassic, dimana beberapa ilmuwan berpikir bahwa binatang ini adalah dinosaurus. Namun Romer tidak setuju, dan penelitian sejak saat itu membuktikan bahwa ia benar: bahwa keduanya adalah dinosaurus.

Herrerasaurus – Dinosaurus Pembunuh Sebesar Singa

herrerasaurusCepat dan sangat kejam, itulah gambaran untuk pemangsa pemakan daging, berkaki dua berbadan sebesar singa yang kemungkinan menjadi raja dari pembunuh: Tyrannosaurus rex.
Herrerasaurus adalah salah satu dinosaurus tertua yang pernah dikenal. Kemunculannya ditandai pada zaman dinosaurus  mulai merajai dan pembunuh berkaki empat yang lebih lambat kalah dalam mempertahankan hidup. Si buas yang hebat ini memiliki gigi dan cakar yang tajam, dan rahang bawahnya lebih fleksibel, yang menyebabkannya memiliki mulut yang lebar, gigitan yang sangat kuat.
Info Dino
Panjang : Hingga 3 meter, termasuk ekor
Bobot : 100 – 180 kilogram
Makanan : Dinosaurus dan reptil lainnya; termasuk bangkai
Senjata : Gigi yang tajam dan cakar
peta-herrerasaurus
Fosil Herrerasaurusditemukan di daerah San Juan di Argentina, di kaki bukit dari pegunungan Andean, dekat perbatasan dengan Chile. Pada saat dinosaurus ini ada, 220 juta tahun yang lalu, daerah ini merupakan bagian dari benua Pangaea, cuaca di bumi lebih panas dari sekarang, dan padang gurun besar derta hutan tersebar.
Fakta Lain
  • Herrerasaurus dinamai berdasarkan nama Victorino Herrera, petani di daerah Andrean yang menemukan fosilnya.
  • Beberapa ilmuwan berpendapat bahwa dinosaurus pemangsa seperti Herrerasaurus hidup berkelompok dan saling bertarung untuk memperebutkan kekuasaan. Tanda-tanda bekas gigitan pada tengkorak pada dinosaurus ini menunjukkan bahwa mereka saling menggigit satu dengan lainnya, seperti serigala pada saat ini.
  • Lengan Herrerasaurus cukup kuat dan memiliki cakar yang melengkung. Mereka kemungkinan menggunakannya untuk memotong mangsanya dengan harapan akan memberikan luka yang mematikan.
  • Dari tulang kaki Herrerasaurus yang telah dipelajari, beberapa ahli fosil mengatakan bahwa mereka bukanlah sungguh-sungguh dinosaurus, namun diantara dinosaurus dan leluhurnya yang lebih primitif.

Hypsilophodon – Dinosaurus Kecil dan Tangkas

hypsilophodonTidak semua dinosaurus pemakan tumbuhan berbadan besar dan lambat. Hypsilophodon sant kecil dan gesit dimana biasanya dapat meloloskan diri dari musuhnya. Mereka adalah dinosaurus salah satu yang pertama dikenali dan diketahui dari fosil yang hampir lengkap. Lebih dari 20 tulang belulang ditemukan terkubur berdekatan satu dengan lainnya di Isle of Wight di Selatan Inggris, yang menunjukkan bahwa hewan ini hidup dalam berkelompok. Tidak diketahui bagaimana mereka mati, namun mereka kemungkinan mati karena banjir atau pasir hidup.
Info Dino
Panjang : 2 meter
Tinggi : 70 centimeter hingga paha; 80 centimeter hingga kepala
Bobot : Sekitar 50 kilogram
Makanan : Tumbuhan yang rendah
hypsilophodon
Kerangka Hypsilophodon ditemukan di Inggris, Spanyol dan South Dakota di Amerika. Karena semakin banyak fosil ditemukan di masa datang, dimana cakupan yang sebenarnya  mungkin lebih luas lagi.
Fakta Lain
  • Pada saat Hypsilophodon pertama kali ditemukan, para ahli salah mengira bahwa itu adalah Iguanodon muda. Hanya berselang 20 tahun kemudian seorang ilmuwan yang terkenal, Thomas Huxley baru menyadari bahwa itu adalah dinosaurus jenis baru.
  • Fosil Hypsilophodon ditemukan di Inggris, Apanyol, dan Amerika mungkin berbedaspesies, untuk laut yang memisahkan Eropa dan Amerika 125 juta tahun yang lalu. Sama seperti dinosaurus yang bernama tunggal, nama Hypsilophodon merujuk pada genus, kelompok dari spesies yang berhubungan erat.
  • Seharusnya Hypsilophodon memiliki kerabat dekat di seluruh dunia. Dinosaurus dari keluarga Hypsilophodontidae ditemukan di setia benua. Mereka termasuk Atlascopsosaurus, Fulgurotherium dan Leaellynasaura, dimana ditemukan seluruhnya di Australia.

Iguanodon – Dinosaurus Berkuku Jempol Besar dan Tajam

iguanodonBanyak dinosaurus pemakan daging yang memangsa Iguanodon sebagai makanan mereka. Namun dengan jari jempol besar dan tajam untuk mempertahankan dirinya, pemakan tumbuhan yang besar ini bukanlah sasaran yang mudah ditaklukan. Dinosaurus yang jumlahnya banyak ini memiliki paruh yang tajam, gigi khusus untuk menghancurkan, dan usus yang panjang untuk membantu pencernaannya. Mereka adalah hewan pertama dengan ukuran sebesar itu yang memiliki alat pencernaan yang lebih maju.
Sebagai salah satu dinosaurus yang pertama yang ditemukan, Iguanodon diberi nama bahkan sebelum kata ‘dinosaurus’ ditemukan. Selama keberadaannya di bumi, Iguanodon menyebar keseluruh dunia – dimana hal tersebut dibuktikan dengan fosil yang ditemukan tersebar letaknya.
Info Dino
Panjang : 10 meter
Tinggi : 3 meter hingga pinggang; 5 meter hingga kepala
Bobot : 4.5 ton
Makanan : Tumbuhan
iguanodon
Fosil Iguanodon ditemukan di Eropa, Mongolia, Amerika Utara dan Afrika. Pada saat itu, bentuk daratan berbeda (kemudian terpisah), sehingga Iguanodon dapat menyebar hingga jauh.
Fakta Lain
  • Dua dari 39 kerangka Iguanodon ditemukan di Bernissart, Belgia, memperlihatkan adanya radang sendi pada pergelangannya. Dimana tulang kaki menyambung dengan bagian kaki sebelah bawah, dimana bagian ini sudah mengalai perubahan bentuk sehingga terlihat seperti jamur yang gepeng.
  • Dua spesies dari Iguanodon sudah selesai dipelajari dan diberikan nama. Yang lebih kecil, Iguanodon atherfieldensis, panjangnya hanya 7 meter. Spesies yang ketiga baru-baru ini ditemukan di Amerika Utara, dan yang ke-empat ditemukan di Mongolia.

Kentrosaurus – Dinosaurus Berpunggung Duri

KentrosaurusDinosaurus pemakan tumbuhan yang besar ini menjelajah Afrika sekitar 150 juta tahun yang lalu, memakan tumbuhan demi tumbuhan. Namun Kentrosaurus yang lambat dan tidak tangkas ini dilengkapi dengan duri-duri tajam, yang dapat menyebabkan luka yang mematikan terhadap musuhnya.
Lempengan tulang disepanjang punggungnya mungkin terbentuk dalam dua baris. Para ilmuan percaya bahwa lempengan ini mungkin digunakan untuk menyerap panas matahari untuk membantu Kentrosaurus menghangatkan tubuh setelah malam yang dingin. Kearah ekor, lempengannya menjadi semakin besar dan menyempit, membentuk pasangan tombak yang mematikan tertutup oleh tanduk yang keras.
Info Dino
Panjang : Hingga 5.5 meter
Bobot : Hingga 2 ton
Makanan : Sebagian besar tumbuhan rendah
Pertahanan : Duri-duri
kentrosaurus
Fosil Kentrosaurus hanya ditemukan di daerah Tendaguru di Tanzania, Afrika Timur. Seorang insinyur dari Jerman yang menemukan tulang pertama ditahun 1907 pada saat ia mencari batu permata, pada saat Tanzania masih menjadi jajahan Jerman. Penemuannya menjadi awal dari perburuan besar fosil dinosaurus di daerah tersebut dua tahun kemudian.
Fakta Lain
  • Walaupun bobot Kentrosaurus hampir dua ton, mereka memiliki otak hanya sebesar buah prune. Namun, bagian dari otak yang berhubungan dengan penciuman cukup besar, sehingga makhluk ini nampaknya memiliki penciuman yang tajam.
  • Kentrosaurus memiliki gigi yang kecil dan lemah, sehingga para ahli berpendapat bahwa mereka menelan batu untuk mencerna makanan di perutnya – seperti buaya pada saat ini.
  • Jika Kentrosaurus memiliki lempengan yang menutupi kulit, maka lempengan tersebut dapat berwarna merah untuk menunjukkan kesiapannya untuk kawin atau sebagai peringatan terhadap pemangsanya.
  • Antara tahun 1909 dan 1913, satu tim dari Museum Berlin Natural History menemukan lebih dari 225 ton fosil dari berbagai macam dinosaurus di Tendaguru.

Kronosaurus – Reptil Menakutkan di Laut Purba

kronosaurusLaut purba dipenuhi oleh reptil besar yang menyambar apa saja yang bergerak. Salah satu yang paling ditakuti adalah Kronosaurus yang besar. Reptil raksasa ini men-teror lautan. Tengkoraknya yang besar dimana terdapat rahang besar dilengkapi dengan gigi yang menakutkan – senjata yang penting untuk memakan reptil besar dan ikan. Melalui fosilnya kita dapat mengetahui seperti apa Kronosaurus, namun kita tidak tahu apakah mereka akan pergi ke pantai untuk meletakkan telurnya atau melahirkan didalam air.
Info Dino
Panjang : Mungkin 7 – 9 meter
Bobot : Kemungkinan hingga 20 ton
Makanan : Ikan, moluska dan reptil dari segala ukuran, seperti misalnya ikan hiu, kura-kura dan plesiosaurus.
peta-kronosaurus
Fosil Kronosaurus, pertama kali ditemukan tahun 1899, hanya diketahui dari sebuah tempat di Queensland, Australia. Mereka adalah hewan yang juga berenang memasuki perairan sungai. Namun, fosil yang ditemukan di Colombia, Amerika Selatan tahun 1992 juga mungkin makhluk ini.
Fakta Lain
  • Kerangka Kronosaurus yang paling terkenal, adalah di Universitas Harvard di Amerika, yang dijuluki Plasterosaurus oleh beberapa ahli karena menggunakan plester untuk menyambung kerangkanya.
  • Kerangka Kronosaurus ditemukan oleh Ekspedisi Harvard di tahun 1931 – 1932 dimana keluar karena adanya peledakan pada karang oleh asisten pemimpin ekspedisi yang dikenal sebagai orang yang senang menggunakan dinamit.

Lystrosaurus – Dinosaurus Pendek Gemuk Bertaring Besar

lystrosaurusLystrosaurus adalah makhluk pendek dan gemuk pemakan tumbuhan yang hidup sekitar 240 juta tahun yang lalu. Sebelum dinosaurus berkuasa, mamalia serupa reptil bertaring dua seperti Lystrosaurus adalah binatang yang paling hebat disaat itu. Keturunannya menjadi mamalia yang sesungguhnya. Lystrosaurus mungkin mencari makanannya di hutan dan padang rumput purba, menggunakan paruh menyerupai kura-kura untuk memotong tumbuhan. Dengan kepalanya yang besar dan taring yang besar, mahkluk ini cukup besar untuk menyerang sebagian besar predator.
Info Dino
Panjang : 70 centimeter – 1 meter
Makanan : Kemungkinan akar dan rumput dari tumbuhan awal seperti pakis, sikas dan ekor kuda
Senjata : Badannya yang besar dan taring
lystrosaurus
Lystrosaurus ditemukan di Amerika Utara, Afrika Selatan, Rusia, India, Mongolia, Cina dan Australia. Wilayang yang luas ini membuktikan dua hal yakni bahwa binatang ini berhasil hidup dengan baik di zamannya dan kenyataan bahwa daratan pertnah menjadi satu.
Fakta Lain
  • Dengan lubang hidung yang terletak diatas dan badan yang pendek dan gemuk para ilmuwan pernah memperkirakan bahwa Lystrosaurus hidup di daerah perairan, seperti seekor kuda nil. Namun ternyata keliru, kakinya yang tangkas memperlihatkan bahwa mereka akan dapat lebih beradaptasi dengan baik bila hidup didaratan.
  • Lystrosaurus memiliki otot rahang yang kuat, dan rahang bawah yang dapat maju dan mundur dan dari sisi yang satu ke sisi yang lain, termasuk keatas dan kebawah; sangat ideal untuk mengunyah tumbuhan yang keras.
  • Pada permulaan zaman Triassic pada saat Lystrosaurus hidup, semua  benua bergabung menjadi satu daratan yang sangat luas yang disebut Pangaea. Seluruh daratan, termasuk Antartika, masih hangat dan subur. Sehingga Lystrosaurus dapat hidup dimanapun – dan mungkin juga disana.

Megalosaurus – Dinosaurus Pemakan Daging Yang Pertama Ditemukan

MegalosaurusMegalosaurus hidup sekitar 170 juta tahun yang lalu pada saat dataran masih dipenuhi oleh pepohonan raksasa dan tumbuhan lebat yang menutupi daratan. Tumbuhan ini menyediakan persembunyian yang baik untuk Megalosaurus melakukan serangan terhadap korban yang tidak waspada. Dengan rahang dan gigi yang cukup kuat untuk merobek daging dan langsung mematahkan tulang, Megalosaurus mampu membunuh dinosaurus yang jauh lebih besar dari dirinya.
Mereka adalah dinosaurus pertama yang pernah diceritakan ditahun 1824. Semenjak itu, banyak orang percaya bahwa fosilnya adalah berasal dari manusia raksasa legendaris!
Info Dino
Panjang : Sekitar 9 meter
Tinggi :  Sekitar 2 meter
Bobot : Lebih dari 1 ton – kemungkinan hingga 4 ton
Senjata : Rahang yang kuat, gigi yang panjang dan runcing dan cakar yang tajam
Makanan : Sebagian besar dinosaurus, mati atau hidup
megalosaurus
Fosil Megalosaurus ditemukan di beberapa situs di Inggris, demikian juga di Wales, Perancis dan Portugal. Beberapa kerangka dari Afrika dan Cina mungkin juga berasal dari makhluk ini juga, namun para ilmuwan tidak dapat memastikannya.
Fakta Lain
  • Fosil Megalosaurus yang diceritakan oleh William Buckland di tahun 1824 diemukan oleh seorang pekerja, didalam sebuah tambang dekat Oxford di Inggris beberapa tahun sebelumnya. Kerangka yang tidak lengkap termasuk beberapa tulang belakang dan beberapa bagian dari bahu, rahang dan kaki belakang.
  • Selama bertahun-tahun mengikuti nama yang diberikan olh Buckland terhadap dinosaurus ini, ‘para ahli’ mengacu kepada bagian-bagian kerangka dari dinosaurus besar pemakan daging di zaman Jurassic atau Cretaceous sebagai Megalosaurus! Beberapa kasus salah pengenalan ini  terus terjadi selama lebih dari 100 tahun, yang menyebabkan kebingungan yang besar diantara ilmuwan tentang dinosaurus.

Ophthalmosaurus – Reptil Berbentuk Ikan

opthalmosaurus-Reptil purba yang mirip ikan ini memiliki mata yang besar sebesar buah anggur, yang memberikannya penglihatan yang luar biasa – sangat baik untuk mengejar ikan yang gesit di laut purba.
Ophthalmosaurus diciptakan untuk kecepatan dan ketahanan. Siripnya yang serasi, tubuh yang ramping dan ekor yang besar memungkinkannya untuk melesat di air mencari ikan atau cumi-cumi untuk menangkapnya dengan rahangnya yang panjang dipenuhi dengan gigi.
Luar biasanya fosil yang masih lengkap memperlihatkan bahwa Ophthalmosaurus dan ichthyosaurus (reptil laut) lainnya melahirkan didalam air, seperti paus dan lumba-lumba pada zaman sekarang. Beberapa fosil adalah betina dengan bayi yang belum dilahirkan didalamnya; betina yang lain mati pada saat melahirkan.
Info Dino
Panjang : 3 – 4 meter
Bobot : Mungkin hingga 500 kilogram
Mata : 10 centimeter lebarnya
Makanan : Sebagian besar cumi-cumi dan ikan
opthalmosaurus
Fosil Ophthalmosaurus – kebanyakan masih lengkap – ditemukan di tempat seluas lapangan di Eropa bagian utara dan Amerika Utara dan Selatan; di Inggris, Perancis, Kanada, Amerika dan Argentina.
Fakta Lain
  • Ophthalmosaurus memiliki lebih banyak ‘jari jempol’ di siripnya yang lebar daripada kerabat dekatnya yang lain. Ichthyosaurus biasanya memiliki lima jari disetiap siripnya, namun reptil memiliki tidak kurang dari delapan.
  • Pada saat fosil Ophthalmosaurus pertama kali ditemukan di Inggris di awal abad ke-18, sebagian besar orang berpikir bahwa mereka adalah kerangka dari lumba-lumba yang telah punah atau buaya yang punah pada saat banjir besar yang dikisahkan di kisah Nabi Nuh.
  • Ichthyosaurus terbesar yang pernah ditemukan – di Nevada, Amerika – adalah hewan yang sangat besar yang dikenal dengan Shonisaurus, yang tumbuh hingga panjangnya 15 meter. Ichthyosaurus awal ini hidup lebih dari 200 juta tahun yang lalum di akhir zaman Triassic. Ia memiliki ekor yang panjang serta lebih ramping dan sepasang sirip mirip pengayuh, masing-masing hingga 2 meter panjangnya

Ornitholestes – Dinosaurus Pemangsa di Hutan Amerika Utara

ornitholestesRapih, cepat dan tangkas, Ornitholestes adalah dinosaurus pemangsa yang pernah menjelajah hutan Amerika Utara. Mereka memiliki lengan yang kuat, tangan yang mencengkeram dan cakar panjang – sangat baik untuk menyambar korbannya dan merobek daging. Ornitholestes mungkin mahir dalam mengejar mangsa yang menghindar. Kaki belakangnya yang panjang memungkinkannya untuk berlari cepat seperti anjing balap dan, mengatur keseimbangannya dengan ekornya yang menyerupai cemeti, menjadikannya sangat gesit. Mereka dapat melompat, berbalik arah dan menukik untuk membingungkan korbannya. Mereka juga dapat bersatu dalam kelompok dengan yang lainnya untuk memburu dan membunuh dinosaurus pemakan tumbuhan yang lebih besar.
Info Dino
Panjang : 2 meter
Bobot : Sekitar 12.5 kilogram
Makanan : Mungkin bayi dinosaurus, kadal, burung purba dan mamalia; dinosaurus pemakan tumbuhan yang lebih besar
Senjata : Rahang yang kuat dan gigi; cakar yang tajam
ornitholestes
Fosil kerangka Ornitholestes yang hampir lengkap ditemukan di Wyoming, Amerika, di sisi sebelah timur dari pengunungan Rocky.
Selama akhir zaman Jurassic, pegunungan ini belum ada, dan Amerika Utara baru saja terpisah dari Afrika.
Fakta Lain
  • Ornitholestes ditemukan pada tahun 1990 oleh Henry Fairfield Osborn di Bone Cabin Quarry, dimana fosil dinosaurus adalah sesuatu yang biasa dimana para penggembala biasa menggunakannya untuk membuat sebuah gubuk.
  • Ornitholestes dijuluki ‘burung pencuri’ karena Osborn membayangkan mereka berburu Archaeopteryx, sejenis burung purba. Walaupun  tidak ada bukti yang menyatakan bahwa kedua hewan ini hidup di tempat yang sama, atau bahkan di benua yang sama.
  • Sedikitnya penemuan fosil Ornitholestes mengindikasikan bahwa mereka langka. Atau juga mungkin, tulangnya yang kecil biasanya dimakan oleh binatang pemakan bangkai.

Ouranosaurus – Dinosaurus Pemakan Tumbuhan dan Memiliki Layar

ouranosaurusDinosaurus pemakan tumbuhan yang besar ini memiliki rahang yang kuat sangat baik untuk menaghancurkan dan mengunyah dedaunan. Fosil yang ada memperlihatkan bahwa Ouranosaurus memiliki tulang punggung yang lebih panjang. Beberapa ahli berpendapat bahwa tulang untuk mendukung layarnya yang tinggi yang digunakan oleh reptil ini untuk mendapatkan suhu yang ideal. Pada pagi hari, hewan ini dapat menghangatkan tubuh dengan berdiri sambil layarnya menghadap ke matahari. Layar ini juga berwarna cerah dan juga digunakan untuk menarik pasangannya.
Ouranosaurus di persenjatai dengan sepasang tangan yang berduri tajam untuk mempertahankan dirinya dari pemangsa pemakan daging.
Info Dino
Panjang : Hingga 7 meter
Bobot : Hingga 2 ton
Makanan :  Umumnya daun dan tunas
Pertahanan : Duri Kuat di kaki depannya
ouranosaurus
Kerangka Ouranosaurus ditemukan didalam pasir di Gurun Sahara, Afrika. Pada saat Ouranosaurus hidup, 100 juta tahun yang lalu, daerah ini hampir sama panasnya seperti saat ini.
Fakta Lain
  • Nama Ouranosaurus berasal dari bahasa Arab, ourane. Ini yang biasa disebut oleh suku di Gurun Sahara sebagai kadal pasir setempat.
  • Tengkorak dari Ouranosaurus memiliki  bantalan pada hidungnya dimana tidak diketahui fungsinya. Mungkin ini adalah bagian yang hanya ditemukan pada jantan, dan pada tengkorak betina tidak ditemukan hal ini.
  • Ouranosaurus hidup sebelum tumbuhan berbunga modern muncul, sehingga mereka mungkin makan tumbuhan seperti, buntut kuda, gingko, pakis dan daun jarum.

Postosuchus – Dinosaurus Pembunuh Bergigi Seperti Gergaji

PostosuchusPostosuchus adalah salah satu pembunuh paling buas di dunia. Reptil ini memiliki rahang dengan gigi yang sangat tajam yang mampu menghancurkan tulang. Mereka adalah pemburu yang mengendap-endap dan mengikuti mangsanya, membunuhnya dengan sekali serang dengan sebuah gigitan yang kejam.
Postosuchus jantan kemungkinan adalah pemburu tunggal yang berlomba secara kasar untuk memiliki tempat berburu yang paling baik dan untuk memenangkan betina pasangannya.
Info Dino
Panjang : Hingga 6 meter
Makanan : Hewan lainnya, hidup atau mati
Senjata : Gigi seperti gergaji untuk memotong mangsanya dan bangkai
postosuchus
Fosil Postosuchus pertama ditemukan di desa Garza, sebelah barat Texas, Amerika, di tahun 1985. Fosil-fosil lainnya ditemukan kembali ke arah sebelah barat, di Arizona. Pada saat Postosuchus masih hidup daerah ini adalah bagian dari benua yang sangat besar yang dikenal dengan Pangaea dan bercuaca tropis. Banyak bagian dari daerah ini adalah padang gurun, namun beberapa bagian berupa rawa dan hutan.
Fakta Lain
  • Postosuchus adalah salah satu pemakan daging terbesar di darat pada saat itu.
  • Pada saat fosil Postosuchus pertama kali ditemukan, tulang belulangnya tercampur dengan dinosaurus lainnya – yang berasal dari zaman selanjutnya – yang berjalan dan berlari dengan kaki belakangnya. Karena hal ini, penemunya, ahli fosil Sankar Chatterjee, salah menafsirkan bahwa Postosuchus berlari dan berjalan dengan kaki belakangnya.
  • Beberapa ilmuwan berpendapat bahwa banyak hewan di zaman Triassic seperti Postosuchus punah oleh jatuhnya asteroid raksasa di Amerika Utara 205 juta tahun yang lalu – seperti yang diyakini oleh banyak ilmuwan bahwa dinosaurus terakhir terbunuh oleh komet yang jatuh di bumi 65 juta tahun yang lalu.

Psittacosaurus – Dinosaurus Bertampang Seram Namun Baik

PsittacosaurusHewan bertampang menakutkan namun tidak berbahaya ini pernah hidup dalam jumlah yang banyak di seluruh Asia bagian timur. Mereka memiliki paruh mirip burung kakaktua yang tajam untuk memotong dedaunan, dan lengan yang panjang untuk menarik cabang pohon. Mereka harus menggunakan hampir seluruh waktunya pada saat berjalan untuk mengunyah tumbuhan, karena mereka memerlukan jumlah makanan yang banyak untuk mempunyai cukup tenaga.
Para ahli berpendapat bahwa mereka mungkin berkumpul dalam kelompok besar untuk menakuti penyerang.
Info Dino
Panjang : Panjang sekitar 2 meter; tinggi pundak 1 meter; bobot 50 kilogram
Makanan : Tumbuhan rendah yang keras
Pertahanan : paruh yang kuat dan tajam, dan mungkin keahlian dalam berkelompok
psittacosaurus
Psittacosaurus adalah dinosaurus yang sangat sukses, menjadi hampir 90 persen dari catatan fosil di beberapa bagian dari Mongolia. Fosilnya juga ditemukan di berbagai tempat di Cina, juga di Thailand dan Rusia.
Fakta Lain
  • Fosil Psittacosaurus pertama ditemukan di tahun 1922, oleh ekspedisi ketiga Museum Amerika untuk Sejarah Alam di Mongolia, dan dinamakan satu tahun sesudahnya oleh ahli dari Amerika Henry Fairfield Osborn.
  • Ditemukan pula tidak jauh dari kerangka dinosaurus lainnya, yang sebelumnya menurut Osborn agak berbeda. Kerangka kedua ini baru-baru ini di klasifikasikan kembali sebagai Psittacosaurus.
  • Beberapa fosil Psittacosaurus berisi batu kerikil yang halus mengkilat, membuktikan bahwa dinosaurus ini secara sengaja menelan bebatuan untuk membantu pencernaannya. Dengan cara yang sama, burung seperti burung merpati dan budgies saat ini menelan kerikil untuk mencerna makanan.

Scelidosaurus – Dinosaurus Berperisai Yang Pertama

scelidosaurusDilengkapi dengan lempengan perisai yang kuat, Scelidosaurus pemakan tumbuhan yang lambat tidak takut dengan sekitarnya. Tonjolan tulang dan tajam yang melekat di kulit melindunginya dari semuanya tidak terkecuali pemakan daging terbesar. Setiap pemangsa yang ingin menyerang memilih untuk menghindar dari pada beresiko merusak giginya. Pada saat terdesak, Scelidosaurus mungkin akan menekuk ke-empat kakinya untuk melindungi perutnya.
Scelidosaurus adalah leluhur dari dinosaurus berperisai, walaupun para ilmuwan tidak terlalu yakin siapa yang menjadi keturunannya – mungkin si perkasa Stegosaurus, atau makluk yang lebih hebat seperti Ankylosaurus.
Info Dino
Panjang : 4 meter
Tinggi : 1 meter pada saat berdiri
Bobot : 300 kilogram
Makanan : Tumbuhan kecil
scelidosaurus
Fosil Scelidosaurus ditemukan di sebelah selatan Inggris. Pada saat itu, seluruh benua di dunia menjadi satu. Fosil-fosil yang juga mungkin berasal dari binatang ini telah ditemukan di sebelah selatan Amerika dan Tibet.
Fakta Lain
  • Kerabat dekat dari Scelidosaurus hidup di Portugal disekitar waktu yang sama. Dinamakan Lusitanosaurus dari Lusitania, nama lama dari Portugal.
  • Sir Richard Owen, orang yang memberikan nama Scelidosaurus, juga yang menemukan kata ‘dinosaurus’, yang berarti ‘kadal yang menakutkan’. Ia menemukan kata ini di tahun 1842 untuk menamakan  untuk fosil reptil darat raksasa yang jumlahnya semakin bertambah.
  • Kerangka Scelidosaurus pertama kali dilihat oleh Owen di tahun 1863 dimana masih terpisah-pisah dalam bentuk bongkahan karang  di Museum Sejarah Alam di London
  • Para ilmuwan memperkirakan Scelidosaurus mungkin hanya berjalan tidak lebih cepat dari 7 kilometer per jam

Seismosaurus – Dinosaurus Terbesar Yang Pernah Ada

SeismosaurusSeismosaurus adalah hewan terbesar yang memiliki tulang belakang yang pernah dikenal – dua kali dari panjangnya paus biru. Bila dua raksasa ini berdiri sambung menyambung maka panjangnya akan sepanjang lapangan sepak bola. Lebih dari separuh panjangnya adalah ekornya, yang harus cukup panjang untuk memberikan keseimbangan terhadap lehernya yang besar dan berat pada saat ia berjalan.
Walaupun ukurannya yang luar biasa besar, Seismosaurus adalah dinosaurus pemakan tumbuhan yang cinta damai. Mungkin ia memiliki beberapa musuh – namun ukurannya yang luar biasa besar membuatnya sulit untuk diserang. Namun beberapa ilmuwan berpendapat bahwa mereka mungkin akan mempertahankan dirinya dari sekelompok pemangsa dengan ekornya yang mirip cambuk.
Info Dino
Panjang : Diperkirakan 45 meter
Tinggi : 15 meter hingga kepala, 5 meter hingga paha
Bobot : Hingga 100 ton
Makanan : Daun
seismosaurus
Hanya satu kerangka Seismosaurus yang pernah ditemukan sejauh ini. Ditemukan pada tahun 1979 di Ojito Wilderness Study Area, 60 mil barat laut Albuquerque di New Mexico, Amerika. Hingga adanya fosil ditemukan lagi, ukuran hewan ini tidak dapat diperkirakan secara pasti.
Fakta Lain
  • Satu-satunya Seismosaurus yang pernah ditemukan dijuluki ‘Sam’ oleh para peneliti dinosaurus. Beberapa ahli berpendapat Sam mungkin mati karena adanya batu besar yang menyangkut di tenggorokannya atau ususnya. Satu batu ditemukan bersama dengan fosilnya sebesar jeruk – jauh lebih besar dari yang pernah ditemukan sebelumnya.
  • Gigi dari dinosaurus pembunuh ditemukan bersama dengan kerangka Seismosaurus. Hal ini mungkin berarti bahwa dinosaurus ini dibunuh oleh pemangsa, namun gigi tersebut sepertinya adalah gigi yang copot pada saat pemakan daging menyerangnya.
  • Tidak  semua ilmuwan meyakini bahwa Seismosaurus makan dari pucuk pohon. Beberapa berpendapat bahwa mereka mengalami kesulitan mengangkat kepalanya lebih tinggi dari punggungnya.

Shunosaurus – Dinosaurus Besar Berekor Pemukul Berduri

shunosaurusPemakan tumbuhan bertubuh besar dan berleher panjang ini tidak terlalu takut dengan musuhnya. Dinosaurus ini telah dipersenjatai dengan ekor yang pada ujungnya memiliki pemukul berduri yang mematikan yang dapat memotong penyerangnya dengan sekali pukul. Setiap dinosaurus yang ingin memangsa dinosaurus ini, atau anaknya, memiliki resiko yang sangat besar.
Shunosaurus mungkin berpergian dalam kelompok, berjalan diantara pepohonan buntut kuda, pakis dan tumbuhan lainnya di zaman Jurassic. Makanan ini rendah vitaminnya dan sulit untuk dicerna, sehingga Shunosaurus harus memakannya dalam jumlah yang banyak.
Shunosaurus adalah leluhur yang lebih kecil dan awal dari para sauropods raksasa: pemakan tumbuhan berleher panjang dan berat yang berjalan diatas ke-empat kakinya yang seperti tiang. Mereka adalah hewan terbesar yang pernah berjalan di daratan.
Info Dino
Panjang : Hingga 11 meter
Bobot : Hingga 11 ton
Makanan : Tumbuhan pakis, sikas, buntut kuda dan pohon jarum
Pertahanan : Ekor pemukul berduri
Berkembang-biak: Kemungkinan dengan bertelur
shunosaurus
Fosil dari Shunosaurus ditemukan di awal tahun 1980 di Cina, di propinsi Sichuan, dipegunungan Tibet. Di pertengahan zaman Jurassic, pada saat Shunosaurus masih hidup, hanya ada satu daratan luas, disebut Pangaea, yang mulai terpisah menjadi beberapa benua.
Fakta Lain
  • Lebih dari 20 kerangka Shunosaurus yang hampir lengkap telah ditemukan di Cina. Hal ibni menjadikannya sebagai pelajaran yang terbaik tentang sauropods.
  • Pemukul yang ada pada ekor yang hilang pada Shunosaurus pertama telah ditemukan. Karena para ahli tidak tahu tentang ekor pemukul tersebut, mereka memajang fosil tanpa ekor pemukul tersebut. Hal ini seperti yang masih banyak terlihat di banyak buku pada saat ini.
  • Beberapa ahli berpendapat bahwa sauropods menjentikkan ekornya seperti cambuk, pertama untuk menimbulkan suara, sehingga mereka dapat berkomunikasi satu dengan lainnya di kelompoknya, juga untuk pertahanan. Hal ini yang mungkin menyebabkan ekor pemukul Shunosaurus lebih berbahaya.

Stegosaurus – Dinosaurus Berekor Duri Terbesar

stegosaurusPemakan tumbuhan ini memiliki senjata rahasia yang digunakan untuk mengusir musuhnya – ekor yang dikibaskan yang dipersenjatai dengan duri yang kuat. Dengan tubuh sebesar truk, Stegosaurus adalah yang terbesar dari kaum stegosaurus, kelompok dinosaurus yang hidup selama 70 juta tahun.
Stegosaurus memiliki lempengan tulang yang besar di punggungnya yang dimulai dari kepala hingga ekornya. Ilmuwan tidak terlalu yakin tentang kegunaan dari lempengan tersebut, namun nampaknya lempengan tersebut menolong hewan ini untuk mempertahankan suhu tubuhnya. Lempengan ini mungkin berisi pembuluh darah dan, pada saat menghadap matahari, dapat menyerap panas secara cepat.
Info Dino
Panjang : Hingga 9 meter, rata-rata 6 – 7 meter
Bobot : Hingga 3 ton
Makanan : Tumbuhan yang lembut
Lempengan : 60 centimeter tingginya di punggungnya
peta-stegosaurus
Fosil Stegosaurus ditemukan ditempat yang sekarang adalah negara bagian Colorado, Oklahoma, Utah dan Wyoming, Amerika. Mereka terbaring di Morrison Formation, lapisan yang sangat luas dari karang sedimen di bagian Barat bagian tengah.Di Morrison ini menyimpan ribuan tulang dinosaurus selama lebih dari satu abad terakhir.
Fakta Lain
  • Kurang lebih panjangnya 3 centimeter, otak dari Stegosaurus yang beratnya mungkin hanya satu per seribu dari bobot tubuhnya secara keseluruhan.
  • Fosil Stegosaurus lainnya ditemukan di tahun 1960 di sebelah utara Siberia – didalam Lingkaran Kutub Utara, dimana saat ini suhunya membeku selama bertahun-tahun. Namun, Stegosaurus mungkin tidak mengalami dingin ini: jutaan tahun yang lalu, suhu Kutub Utara cukup sejuk.
  • Para ilmuwan dulu berpendapat bahwa lempengan yang dimiliki Stegosaurus terbaring mendatar, saling bersilangan satu dengan lainnya seperti genteng di atap.
  • Fosil Stegosaurus lainnya juga pernah ditemukan di Cina, sebelah utara India dan Eropa bagian barat.






Baca Artikel lainnya dibawah ini:

Description: Dinosaurus E-Z Rating: 4.5 Reviewer: Egi Dwi Purnomo ItemReviewed: Dinosaurus E-Z
Posted by:Mbah Qopet
Mbah Qopet Updated at: 16.23.00

0 komentar

Posting Komentar

Tuliskan Pendapat, Kritik, atau Saran anda, berkomentarlah dengan bahasa yang baik.
Terima Kasih.

Sains

Historis