• Contact

Dinosaurus Menurut Alquran Dan Hadits ISLAM


Sebagian Artikel ini saya dapat dari Jawatankuasa  

 Oke baiklah kawan, ini sangat membingungkan bila ditelaah oleh orang-orang yang tidak mempunyai ilmu tafsir dan ilmu agama lain yang mendukung seperti ilmu hadits dan sejarah sejarah islam, namun setelah 2 bulan Jawatankuasa  mencari, meneliti, dan bereksperimen tentang hal yang menghubungkan dinosaurus dengan alquran maupun hadits dia menemukan sesuatu yang masuk akal akhirnya.

Baiklah di mulai dulu dari awal, harap baca baik-baik agar tak salah kutip maupun tak salah ingat.
Pemikiran ini saya mulai dari awal beliau menonton NGC(National Geographic Channel) Dino sekitar beberapa bulan yang lalu, disitu saya melihat banyak sekali Dinosaurus, mahluk-mahluk yang sangat berbahaya bila hidup berdampingan dengan kita manusia yang sekarang ini.

Pada awalnya beliau berpikir apakah ada ayat dalam Alquran yang membahas tentang mahluk-mahluk yang sangat besar ini, lalu setelah beliau cari dengan susah payah dalam 2 bulan ini, akhirnya beliau mendapatkan jawaban yang cukup unik namun sangatlah masuk akal dan membuat orang-orang yang tak paham agama Islam berpikir diluar kebiasaan di berpikir,  mulai dulu dari dinosaurus.
Dinosaurus (Yunani δεινόσαυρος, deinosauros) adalah hewan bertulang belakangdominan di ekosistem darat selama lebih dari 160 juta tahun, dari periode Trias Tua (sekitar 230 juta tahun yang lalu) sampai dengan akhir periode Kapur (sekitar 65 juta tahun yang lalu), ketika banyak dari mereka punah pada peristiwa kepunahan Kapur-Tersier.
sumber: Wikipedia -Dinosaurus

Perbandingan fosil bBrachiosaurus dan manusia 

Perbandingan Fosil T-rex dan Manusia




Setelah melihat gambar diatas kita tentu saja akan berpikir bahwa manusia hanyala kecil bila dibandingkan mahluk yang sebesar t-rex apalagi brachiosaurus yang setinggi gedung berlantai tersebut, namun pernakah kalian berpikir walaupun hanya sekali, Bahwa mereka adalalah binatang/mahluk yang hidup di 200 juta tahun sebelum kita, coba pikirkan baik-baik tentang itu, kita semua telah terpengaruh oleh film jurassic park 1, 2 dan 3 yang memperlihatkan seolah-olah manusia yang saat ini berdampingan hidup dengan para dinosaurus yang udah Knock Out dari bumi ini 200 juta tahun yang lalu....



Teori Evolusi Dinosaurus Dan Hubungannya Dengan Al-Quran

Setelah anda membaca dengan seksama pernyataan saya tadi tentang dinosaurus yang hidup 200 juta tahun yang lalu, pasti sekarang anda dapat menangkap maksud saya, eits.....! jangan tutup dulu bila belum baca samapai akhir, karena tak semuanya akan anda pahami bila hanya membaca samapai disini...

kita sudah mengetahui bahwa ALLAH SWT menciptakan seluruh alam semesta untuk mahluknya termasuk manusia, hewan dan sebagainya...

berikut Ayat Al-Quran yang di temukan, Dijelaskan dalam Annaziat ayat 33 :
”(semua itu) untuk kesenanganmu dan untuk binatang-binatang ternakmu”.

lalu, dalam QS. Luqman (31) : 10:
"Dia menciptakan langit tanpa tiang yang kamu melihatnya dan Dia meletakkan gunung-gunung (di permukaan) bumi supaya bumi itu tidak menggoyangkan kamu; dan memperkembang biakkan padanya segala macam jenis binatang. Dan Kami turunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan padanya segala macam tumbuh-tumbuhan yang baik"

LhoOo...!? terus apa hubungannya sama Dinosaurus???
nah untung kalian baca dari awal, jadi begini kita semua pasti tahu nabi Adam Alaihi Salam kan!?
dari hadits shoheh(haidts yang kuat dan dapat dipercaya) yang saya kutip tinggi nabi adam yaitu 27,432 meter, berikut hadits-nya:

kata rasulullah “Allah menciptakan adam dengan tinggi enam puluh hasta“(HR.Bukhari)

Jika kita hitung, satu hasta itu kira-kira sama dengan 18 inchi, dan 1 inchi sama dengan 2,54 cm. sehingga 1 hasta sama dengan 45,72 cm. maka dengan begitu tinggi nabi adam adalah 27,432 meter
kita lihat tingginya dinosaurus:






kita dapa melihat bahwa manusia sekarang tingginya hanya sekaki t-rex ataupun spinosaurus, tapi cobalah bayangkan bila tinggi nabi adam 27,432 atau sama dengan 60 hasta dan bila di ubah ke feet jadi 60 feet.
tinggi manusia pertama yaitu nabi adam 60 feet dan spinosaurus cuma 16 feet...

kutipan diatas saya ambil disebuah blog, menurut saya memang agak gaje..

namun saya lebih puas dengan pendapat seseorang di forum ini yaitu sebagai berikut:

Dia menciptakan langit tanpa tiang yang kamu melihatnya dan Dia meletakkan gunung-gunung (di permukaan) bumi supaya bumi itu tidak menggoyangkan kamu; dan memperkembang biakkan padanya segala macam jenis binatang. Dan Kami turunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan padanya segala macam tumbuh-tumbuhan yang baik.
QS. Luqman (31) : 10

....disini ditunjukkan bahwa setelah penciptaan bumi, juga dikembangbiakkan binatang2. dan ini seharusnya adalah binatang2 prasejarah dan juga binatang2 yang kita lihat saat ini. wallahualam.

Dari Abu Hurairah, ia telah berkata: Rasulullah SAW memegang tanganku kemudian berkata: "Allah yang Maha Perkasa lagi Maha Tinggi telah menciptakan tanah (bumi) pada hari Sabtu, menciptakan padanya gunung-gunung hari Ahad, menciptakan pohon pada hari Senin, menciptakan hal-hal yang tidak disenangi pada hari Selasa, menciptakan cahaya pada hari Rabu, dan menyebarkan binatang padanya hari Kamis, dan menciptakan Adam alaihissalam setelah Ashar pada hari Jum'at pada akhir penciptaan pada akhir waktu dari waktu-waktu Jum'at antara Ashar hingga malam."
(sumber)

....harap diketahui bahwa panjangnya hari antara manusia dan Allah berbeda. hal ini dibuktikan oleh :

Allah berfirman: “Kamu tidak tinggal (di bumi) melainkan sebentar saja, kalau kamu sesungguhnya mengetahui”.
QS. Al-Mu'minuun (23) : 114

Pada hari mereka melihat hari berbangkit itu, mereka merasa seakan-akan tidak tinggal (di dunia) melainkan (sebentar saja) di waktu sore atau pagi hari.
QS. An-Nazi'at (79) : 46

kita pribadi bisa mengalaminya sendiri, yaitu dengan mengira2 berapa lamanya kita tertidur. terasa singkat bukan?

sungguh lama waktu antara kamis (saat penyebaran binatang pada awalnya) dan jum'at (penciptaan Adam).. berdasarkan pengukuran geologis umur bumi adalah 4,5-4,6 milyar tahun. dinosaurus sendiri diperkirakan punah 65 juta tahun yang lalu, dan diperkirakan telah menghuni bumi selama 145 juta tahun. dan manusia belum begitu lama mendiami bumi bukan? jadi memang, manusia dan dinosaurus tidak mempunyai ikatan secara langsung yang harus secara eksplisit dituliskan dalam Al-Quran.. dan secara akidah, tidaklah ada keperluan untuk membahas adanya dinosaurus, bukan? namun begitu, bukankah telah disebutkan bahwa binatang diciptakan sebelum manusia? bukankah di dalam hari itu ada zamannya dinosaurus, yang fosilnya sudah ditemukan para ilmuwan? inilah petunjuk, dan kita selama ini mengabaikannya.. wallahualam. semoga fosil2 itu kebenaran adanya, dan bukan kesesatan yang disebarkan pada kita.

dan benar apa yang dikatakan teman2 lainnya : Al-Quran bukan buku sejarah. setidaknya, bukan murni buku sejarah. namun begitu ada petunjuk di dalamnya yang harus digali oleh manusia. lagipula, apa yang kita harapkan? bahwa sebuah kitab setebal 30 juz akan memuat segalanya secara detail? kita tentu tidak mengharapkan hal itu dari Al-Quran.. kita harus menggalinya, menelitinya sebaik mungkin, dan sungguh luar biasa bahwa ternyata dalam kitab setebal itu termuat berbagai petunjuk tentang ilmu teknologi. jadi nyata bahwa Al-Quran adalah kumpulan ilmu dan petunjuk : benar dan salah, ketauhidan, bimbingan hidup, ilmu dan teknologi, sejarah2 (baik yang harus kita gali sendiri, maupun yang diceritakan secara langsung), dan lainnya.. bisakah sebuah buku buatan manusia memuat semua petunjuk ini? apalagi, jika kita merujuk pada tingkat ilmu dan teknologi pada masa itu..

bisa dilihat poin pertama : bagaimana mungkin Nabi Muhammad, SAW, menulis tentang struktur bumi dan langit (atmosfir), dan keberadaan gunung2 sebagai penyeimbangnya? sementara dia hidup bukan pada zaman yang memungkinkan adanya eksplorasi bumi? kita sudah membuka tabir ilmu pengetahuan itu.. saatnya kita melihat petunjuk2 lain, dan mencari ilmu lainnya.. semoga Allah SWT membimbing ilmu yang kita dapatkan pada keimanan, amin ya robbal alamin.



Kesimpulan:
kesimpulan saya pribadi: "waktu akan menjawabnya, seiring perkembangan zaman, namun yang pasti Al-Qur'an adalah Kitap suci Umat Islam Bukan Buku Sejarah"
Terimakasih

silahkan mengkritik namun tolong beri dasar ayat, hadist, atau website yang jelas 




Ingin mencopy Artikel ini? atau ingin menyimpannya dikomputer Anda?
Download 
*Cara download: Klik Button diatas, Klik Lewati/Skip, dan klik Download

Baca Artikel lainnya dibawah ini:

Description: Dinosaurus Menurut Alquran Dan Hadits ISLAM Rating: 4.5 Reviewer: Egi Dwi Purnomo ItemReviewed: Dinosaurus Menurut Alquran Dan Hadits ISLAM
Posted by:Mbah Qopet
Mbah Qopet Updated at: 16.16.00

68 komentar:

  1. Subhanallloh..Maha Benar Alloh dgn segala PencptaanNya...kebayang kalo manusia dan binatang tidak berevolusi dari sisi usia dan ukuran...betapa sesaknya bumi ini

    BalasHapus
  2. Asslmkm Mas bro...saya mau tanya, apabila Nabi Adam & keturunannya hidup barengan dengan Dinosaurus dulunya, apa Si Dino gak bakal santap daging segar Nabi & keturunannya walaupun besarnya hampir sama...trus habis itu bumi hancur rata seluruhnya dengan meteor yang mengakibatkan punahnya si dino...kalau si dino punah karena meteor pastinya Nabi & keturunannya juga ikut punah dong mas bro...hehehe, benar ga mas bro..???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Td diatas klo ga salah udah dibahas. Klo ga salah nih jd mas dino itu lahir sebelum nabi adam..

      Hapus
  3. inget kisah nabi Nuh A.s. bukan? Tentang penyelamatan Kaum nabi nuh dan beberapa hewan dari air bah. Namun sepertinya dinosaurus tidak masuk kapalnya. Yah tpi ini menurut agama.

    BalasHapus
  4. Ane setuju ama tulisan ente diatas, sesungguhnya Nabi Adam adalah Nabi yang sangat Cerdas dan Jenius, sampai-sampai para Malaikat dan tunduk dan sujud, dan mengakui kecerdasan nabi Adam dan membuat Allah bangga (kecuali Iblis Laknatullah yang iri &dengki).

    Tahun 1972, Perusahaan Prancis mengimport Biji Mineral & Uranium dari Republik Gabon untuk diolah. Mereka terkejut dengan penemuannya, karena biji uranium impor tersebut ternyata sudah pernah diolah dan dimanfaatkan sebelumnya serta kandungan uraniumnya dengan limbah reaktor nuklir hampir sama. Penemuan ini berhasil memikat para ilmuwan yang datang ke Oklo untuk suatu penelitian, dari hasil riset menunjukkan adanya sebuah reaktor nuklir berskala besar pada masa prasejarah, dengan kapasitas kurang lebih 500 ton biji uranium di enam wilayah, diduga dapat menghasilkan tenaga sebesar 100 ribu watt.

    Tambang reaktor nuklir tersebut terpelihara dengan baik, dengan lay-out yang masuk akal, dan telah beroperasi selama 500 ribu tahun lamanya. Yang membuat orang lebih tercengang lagi ialah bahwa limbah penambangan reaktor nuklir yang dibatasi itu, tidak tersebarluas di dalam areal 40 meter di sekitar pertambangan. Kalau ditinjau dari teknik penataan reaksi nuklir yang ada, maka teknik penataan tambang reaktor itu jauh lebih hebat dari sekarang, yang sangat membuat malu ilmuwan sekarang ialah saat kita sedang pusing dalam menangani masalah limbah nuklir, manusia zaman prasejarah sudah tahu cara memanfaatkan topografi alami untuk menyimpan limbah nuklir!

    Tambang uranium di Oklo itu kira-kira dibangun dua miliar tahun, setelah adanya bukti data geologi, dan tidak lama setelah menjadi pertambangan maka dibangunlah sebuah reaktor nuklir ini. Mensikapi hasil riset ini maka para ilmuwan mengakui bahwa inilah sebuah reaktor nuklir kuno, yang telah mengubah buku pelajaran selama ini, serta memberikan pelajaran kepada kita tentang cara menangani limbah nuklir. Sekaligus membuat ilmuwan mau tak mau harus mempelajari dengan serius kemungkinan eksistensi peradaban prasejarah itu, dengan kata lain bahwa reaktor nuklir ini merupakan produk masa peradaban umat manusia.

    Siapa yang membuat Reaktor Nuklir Purba itu, kalau bukan umat terdahulu..??

    BalasHapus
  5. Buat anonim 3 Mei 2012.
    Kalau loe punya bukti-buktinya, tunjukkan ke Discovery Channel.
    Bakal kaya mendadak loe.

    BalasHapus
  6. mohon maaf anonim 19 juni
    2012, setelah saya googling ternyata anonim 3 Mei 2012 ada benarnya, http://en.m.wikipedia.org/wiki/Natural_nuclear_fission_reactor
    namun di blog ini -> http://xfile-enigma.blogspot.com/2009/07/reaktor-dan-ledakan-nuklir-purba-kisah_31.html ternyata reaktor nuklir itu kemungkinan terjadi secara alami.
    terima kasih.

    BalasHapus
  7. yang foto kerangka manusia raksasa itu emang hoax. berita lama itu. dulu gue pernah baca foto itu direkayasa buat ikutan dalam kompetisi foto. ini link-nya http://www.hoax-slayer.com/giant-skeleton.html
    http://news.nationalgeographic.com/news/2007/12/071214-giant-skeleton.html
    di tulisan di atas si penulis mengaku hacker, hacker kok malah percaya gambar kerangka tersebut adalah asli? jelas2 kan itu hoax dan beritanya udah lama. faktanya jelas lagi.

    soal hadis yang menyatakan tinggi nabi Adam, coba ditelaah dulu, apa ukuran "hasta" yang digunakan pada masa Rasulullah itu sama dengan ukuran hasta jaman sekarang. ada baiknya diteliti dahulu dari segi bahasa Arab dan ilmiahnya. coba tanya ulama.

    lalu kesimpulan ini: "manusia berevolusi dari abad ke abad semakin mengecil dan umurnya semakin sedikit". mana buktinya dari kesimpulan tersebut? ada sisa-sia manusia raksasa yang benar2 sudah ditemukan? kalau ada tolong tunjukkan. :)
    gambar2 raksasa yang beredar di internet itu terbukti hoax. just do a google search if you don't believe it. :)

    Read more: http://egidino.blogspot.com/2012/03/dinosaurus-menurut-alquran-dan-hadits.html#ixzz1zGBtREl8

    lalu yang ingin saya tanyakan, di gambar dinosaurus yang pertama itu kok judulnya "Manusia, t-rex, dan brachiosaurus" ya? padahal jelas-jelas yang ada di gambar itu bukan T-rex dan brachiosaurus. lihat saja nama yang tercantum di gambar tersebut.
    soal manusia dan dinosaurus ini harusnya kita teliti lebih dalam lagi. bukan dengan menyimpulkan sendiri dengan data yang lemah dan tidak dapat dipertanggungjawabkan. :)

    Saya Muslim dan saya suka baca kisah2 para Nabi dan Rasul. saya juga dari dulu tertarik dengan Dinosaurus, jadi tulisan ini menarik saya untuk menelaahnya.

    BalasHapus
  8. buat Egi Dwi Purnomo, sampai saat ini, kita belum bisa sampai pada kesimpulan bahwa Dinosaurus tidak ikut masuk ke dalam kapal Nabi Nuh AS. bukan berarti juga dinosaurus dan Nabi Nuh pernah hidup sezaman.

    dinosaurus, menurut penelitian paleontologi dan geologi, punah sekitar 65 juta tahun yang lalu, yaitu pada akhir jaman Cretaceous (jaman Kapur). sedangkan asal mula manusia pun masih simpang siur menurut sains, walaupun menurut agama2 Samawi (Yahudi, Kristen, dan Islam) Nabi Adam AS adalah manusia pertama, tapi agama tidak menyatakan secara rinci kapan masanya beliau tiba di Bumi. :)

    BalasHapus
  9. ilmu GOTHAK GATHUK mencoba ngajari banyak orang
    yg paling menarik dari semua tulisan anda :
    - "saya sebagai hacker juga sudah mencari tahu sampai seluk beluk yang paling dalam, bahwa .. " -
    hehe..he..he
    mencoba meyakinkan orang lain seolah yg lain tidak pandai...

    paparan artikel yg masuk akal adalah dg menyebutkan sumber2nya secara valid dan jelas, katanya foto dpt dari teman -- temannya dpt dari forumnya -- tapi forumnya gak disebutkan. Gimana bisa orang percaya? Sebuah forum walaupun di luar negeri juga banyak forum jenis o'ot, forum asbun juga banyak, jadi berilah kesempatan pembaca menilai bagaimana kapabilitas suatu forum (yg katanya teman anda jadi membernya)....

    tentang reaktor nuklir purba?
    http://www.batan.go.id/ptlr/11id/?q=content/alam-mengajarkan-cara-mengelola-limbah-radioaktif

    salam...
    = manusia biasa & bukan hacker =

    BalasHapus
  10. sbg orang islam kita harus jeli ..................
    setidaknya sebisa mungkin berusaha bersikap cerdas
    jgn sampai terbodohi pihak lain yg akhirnya merugikan islam sendiri

    mari kita baca penjelasan berbagai pihak yg mengupas tentang apa yg dimuat di artikel ini, supaya kita dan muslim lainnya tdk jadi bahan tertawakan :

    http://indrawidjaja.wordpress.com/2008/11/14/fosil-nabi-adam/

    ini juga bisa jadi tambahan :
    http://www.gonjangganjing.com/hoax/penjelasan-penemuan-raksasa/

    TELITILAH SEBELUM MEMBUAT ARTIKEL
    APALAGI DG BUMBU2 ISLAM.. JIKA TERNYATA ARTIKEL ANDA SALAH MAKA NAMA ISLAM YG JADI KORBAN, SEMENTARA ANDA TERSEMBUNYI DI RIMBA MAYA



    salam....
    = manusia biasa & bukan hacker =

    BalasHapus
  11. Menurut saya benar,, teori tentang manusia brevolusi menjadi smakin kcil hingga sekarang,, aku jga punya bukti,, di daerahku ada kuburan lama, buyut di kmpung saya bogor,, stlh sya ukur & prkirakan panjang dri kuburn trsbut hingga 350 meter, stlh aku tanya sama ma tetangga tmasuk almarhum kakeku tnyta bnar,, orang jaman dlu tinggi2,, y wlapun kakek sya jga blum mlihat asli orng tsbut, dia dpt informsi dri kakeknya lg,, buyut sya,, & sya rasa tu benar,,, 100%
    ada kritik atau ptanyaan krim pesan ke
    filealam@gmail.com

    BalasHapus
  12. penulis ini NGAWUR, MEMALUKAN, JUSTRU MEMBUAT ISLAM DITERTAWAKAN ORANG

    penulis ini termakan skenario tipuan pihak lain yg berniat memojokan islam melaui umpan photo yg telah diedit dan sengaja diisukan sbg kerangka nabi Adam A.S....

    FAKTANYA : http://indrawidjaja.wordpress.com/2008/11/14/fosil-nabi-adam/
    Baca dg teliti maka akan tahu foto aslinya sebelum diedit spt apa dari sumber mana, lalu bukti editannya bagaimana, dst

    SEBAIKNYA PENULIS SEGERA MENGUBAH TULSANNYA

    setuju dg komentar anonimous diatas
    TELITILAH SEBELUM MEMBUAT ARTIKEL
    APALAGI DG BUMBU2 ISLAM.. JIKA TERNYATA ARTIKEL ANDA SALAH MAKA NAMA ISLAM YG JADI KORBAN, SEMENTARA ANDA TERSEMBUNYI DI RIMBA MAYA

    amien-surabaya

    BalasHapus
  13. Saya mohon maaf, segera apabila saya sempat kewarnet, saya akan langsung mengedit postingan ini.
    Terimakasih banyak, kritikannya membangun.

    BalasHapus
  14. Ane stubuh ama anonim yang di atas, yang kontra ama nih artikel. Toh teori evolusi ama dinosaurus itu kan asalnya dari otak/pemikiran orang kafir. Menurut ane itu ngawur skaligus jauh dari doktrin Islam yang mengakui keberadaan Allah SWT. idup kita udah didoktrin ama orang kafir pagan, ateis, dll.

    Alangkah baiknya kita lebih menghargai pemahaman/pemikiran dari orang yang seiman yang memiliki/menguasai ilmu dibidangnya masing-masing.
    Contoh: Harun Yahyah.

    BalasHapus
  15. Kata siapa manusia hidup berdampingan dengan dinosaurus?

    Coba deh simak ini dulu :

    Adam hidup selama 930 tahun setelah penciptaan (sekitar 3760-2830 SM), sedangkan Hawa lahir ketika Adam berusia 130 tahun.

    Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Adam

    Logikanya yeh kalo misalkan Nabi Adam as hidup pas zaman dinosaurus, pasti keturunan beliau kena peristiwa meteorit jatuh lah. Terus pernah baca cerita kisah anak Nabi Adam, Qabil yang membunuh Habil? Inspirasi Qabil mengubur sodaranya karena apa? Karena liat burung yg mengubur burung yg terbunuh, bukan liat dinosaurus. Terus pas mereka disuruh berkorban oleh Nabi Adam utk dipersembahkan kpd Allah swt dan dijadikan sbg syarat untuk mengawini saudara perempuan Qabil, berkorban apa? Berkorban kambing gan bukan dinosaurus.

    Source : http://ml.scribd.com/doc/6403756/Kisah-Habil-Qabil

    BalasHapus
  16. bagi yg masih percaya Islam, kitab suci, nabi, mukjizat, wahyu, agama, surga, neraka, dan hal-hal konyol lainnya:
    baca nih...biar hidup anda gak sesat:

    http://www.faktailmiah.com/2010/08/27/perkembangan-embrio-manusia-sains-vs-mitologi.html

    BalasHapus
  17. orang-orang idiot seperti kalian, tidak akan pernah sadar akan keidiotan kalian...

    hingga kalian mampus,
    dan sadarlah kalian nanti bahwa:
    tuhan, kitab suci, nabi, wahyu, mukjizat, agama, surga, neraka, dan hal-hal konyol lainnya...

    --->ternyata hanyalah omong kosong dan tipuan yang dibuat oleh entah siapa...
    ^^(peace...tidak perlu marah, tunjukkan kedewasaan anda. Kalo ingin tahu siapa yang benar, kita buktikan kalo sudah saatnya nanti)

    BalasHapus
  18. Pertanyaan simple saya Pak:
    1. Sepertinya anda mengasumsikan bahwa nabi adam hidup pada zaman yang sama atau sebelum Dinosaurus tsb? kalau benar maka hal tsb tidak masuk akal karna umur dinosaurus itu adalah ratusan juta tahun S.M sedangkan skala umur nabi adam mungkin hanya puluhan ribu tahun S.M.

    2. Anda mengatakan foto tulang belulang manusia tsb adalah asli, saya sebagai seorang yang bekerja di bidang kebumian dan kadang bersinggungan dengan namanya fosil, belum pernah menyaksikan artikel/paper yang dipublish secara ilmiah adanya mahluk hidup menyerupai manusia dengan tinggi dan besar seperti foto tsb! Jika anda punya bukti mohon dishare ke kita2 semua.

    Saya percaya dengan Sang Pencipta dan semua seakan terlihat misteri sang khalik, lebih baik biarkan demikian seperti apa adanya, itulah kenapa kita perlu beriman dan sebaliknya kita juga harus hati-hati dalam menyimpulkan hal2 yang secara ilmiah bisa diperdebatkan, disajikan tanpa melalui pemikiran mendalam.

    Wallahualam.

    BalasHapus
  19. Bismillahirrahmanirrahim. Berikut ini satu kitab kecil 28 halaman yang bagus sekali isinya yaitu membahas secara global bagaimanakah syarat, rukun, dan kewajiban shalat menurut al-Qur’an dan as-Sunnah Rasulullah yang shahih. Kitab ini ditulis oleh Imam Muhammad at-Tamimi yang bermadzhab Hanbali tetapi diusahakan oleh beliau untuk mengikuti bagaimana shalatnya Rasulullah. Saya merekomendasikan kitab ini untuk dibaca semua muslim tua maupun muda yang ingin tahu lebih dalam mengenai shalat yang setiap hari dilakukan. Gratis.

    http://bacasalaf.wordpress.com/2012/08/09/unduh-kitab-syarat-rukun-dan-kewajiban-shalat/

    BalasHapus
  20. sebenarnya kalo anda renungi lebih dalam QS. Luqman (31) : 10 semuanya telah terjawab, sebelum adam diturunkan, bumi mengalami berbagai tahapan penyempurnaan yang interval waktunya bukanlah sehari dua saja tapi dalam berjuta-juta tahun lamanya, seperti kadar air, bebatuan,cuaca, udara, tumbuhan bahkan binatang, semuanya dipersiapkan Alloh untuk kenyamanan mahkluk yg bernama manusia. Setelah segala sesuatunya terbentuk sempurna barulah Alloh menurunkan Manusia pertama ke bumi, dialah yg disebut Adam

    BalasHapus
  21. Diurutin saja sejarahnya, gitu aja kok repot;

    Sekarang Tahun 2012 M
    Indonesia merdeka 1945 M
    Perang Diponegoro 1825 M
    Zaman Nabi Muhammad a.s 471 M
    Zaman Isa a.s 1 M ( awal penanggalan Masehi )
    Nabi Yahya/Zakaria sezaman dengan Isa a.s
    Zaman Musa a.s 250 SM ( perkiraan umur Musa a.s adalah 250 Tahun ), kemudian
    Zaman Daud a.s, Ismail/Ishak a.s, Ibrahim/Luth a.s, hingga Nabi Adam a.s hitung rata-rata umur para nabi 300 sampai 500 Tahun.
    Berapa totalnya, kira-kira 3000 Tahun atau ambil lebih jauh lagi 5000 Tahun.
    Artinya Nabi Adam a.s hidup pada sekitar 5000 SM.
    Dinosaurus hidup di Jutaan SM, punahnya saja di
    65Juta SM. Sudah pasti tidak sezaman, saat Adam a.s turun, Dino sudah lama punah. Adam a.s turun ke bumi, bumi sudah lama diciptakan.

    Jadi yang mana bentrok antara Sains dan Agama yang diperdebatkan ????


    BalasHapus
  22. Menurut saya sih bisa saja Dinosaurus hidup satu zaman sama nabi Adam.karena Allah menyiapkan bumi untuk nabi Adam.kalau udah disiapkan berartikan udah siap semua,ya binatangnya ataupun tumbuh-tumbuhanya,cuma masalahnya walaupun udah disiapkan kita kan ngak tau berapa lama nabi Adam tinggal disurga,sedangkan waktu di surga kan lebih panjang dari pada di bumi.ya mungkin keburu punah deh tuh si Dino-dinonya,,sebelum nabi Adam turun ke bumi. apalagi Allah maha tau punya rencana lain,kita ngak tau..

    BalasHapus
  23. menurut saya, dalam posting ini ada yang benar, juga ada yang perlu dipertimbangkan....
    mungkin ada yang bilang "lho kok Dinosaurus ga masuk kapal Nabi Nuh, lho kok Nabi Adam ga' ketemu ma Dino............." blabla dan segala macem, mungkin perlu di baca sekali lagi bahwa penyebaran binatang dengan turunnya Nabi Adam ada jeda 1 hari dimana satu hari manusia dengan Allah SWT sangat jauh interval pebandingan nya....
    bukan nya mau menolak SAINS, tapi juga jangan nge-JUGDE bahwa Al-Quran itu gak jelas penjelasan waktunya, mungkin "PARA PEMBANDING" terlalu "SAKLEK" mengartikan istilah dalam Al-Quran dengan pikiran dangkal seperti itu.....
    (muslim cinta damai)

    BalasHapus
  24. Waduuuuh... diskusi makin runyam. Intinya saya ga percaya sama teori evolusi. Sebab di dalamnya masih ada ranting patah yang masih belum jelas asal mulanya manusia itu sendiri... Kalo percaya nabi Adam nenek moyang manusia, saya juga percaya. Kalo ada yang percaya monyet adalah nenek moyang kita, ya cukup anda saja yang yakin. Saya mah enggak. Wassalam...

    BalasHapus
  25. ahh ra due gawean liyo poooo? ribuut terus.
    anggap ae dino kui kadal nek jaman saiki.

    WWWKKKK.bubbar

    BalasHapus
  26. Dr. Lesser menunjukkan fakta bahwa apabila manusia yang ada sekarang ini dianggap berasal dari hanya sepasang manusia pada awalnya, maka tinggi manusia yang terawal itu harusnya sekitar 90 kaki. Ini berdasarkan penelitian, manusia mengalami penyusutan tinggi badan secara terus-menurus yang disebut “genetic bottelneck”.

    Seandainya tidak ada terobosan di bidang gizi pada abad ke 17 dan 18, niscaya manusia yang ada sekarang lebih pendek lagi dari tinggi rata-rata sekarang ini.
    Informasi di atas dikutip dari “the English section of the September 2001 issueof the Hebrew-EnglishIsraeli popular sciencejournal “Ha-Mada Ha-Yisraeli B’Angleet V’Ivreet.”

    Yang menarik, jika tinggi Adam adalah 30 meter, sedangkan tinggi manusia sekarang 1,60 meter, maka kira-kira tinggi adam adalah 18 kali lipat dari manusia sekarang, dan otomatis, tidak hanya tinggi nya saja, tapi lebar, diameter tubuh, tangan, kaki, kepala, dan lain-lain juga 18 kali lipat lebih besar.

    Yang menarik adalah tentang VOLUME OTAK NABI ADAM AS,

    Kita tahu, manusia jaman sekarang, volume otak rata-rata adalah 1200 cc atau 1200 cm³, dg hitungan perkiraan jari-jari otak 6,5 cm, diameter 13 cm.
    Maka diameter otak nabi Adam adalah 13 cm di kali 18 sama dengan 234 cm, sehingga jari-jari nya adalah 117 cm

    Mari kita hitung volume otak nabi adam di banding manusia biasa.
    Volume otak Manusia biasa adalah sekitar 1200 cc / 1200 cm³
    Rumus volume bola = 4/3 phi r³
    Jari-jari : 117
    4/3 . phi . 117³
    1,33 x 3,14 x 117 x 117 x 117 = 6.711.521,12 cm³
    Perhatikan, volume otak nabi adam adalah sebesar..
    6.711.521,12 cm³
    Atau
    6.711.521,12 cc

    Atau di bulatkan
    6.711.521, cm³

    ENAM JUTA TUJUH RATUS SEBELAS RIBU LIMA RATUS DUA PULUH SATU centi meter kubik,

    SUPER BIGEST

    Sedangkan dalam penelitian, otak manusia itu di dalam nya ada milyaran Neuron / sel syaraf otak, yang spektakuler, jika otak manusia yang hanya berukuran volume 1200 cc saja ada milyaran neuron, APALAGI OTAK NABI ADAM??

    6.711.521,12 cm³ itu jika di bagi 1.200 cc sama dengan 5.592

    Sehingga, perbandingannya 5.592 jumlah otak manusia di gabungkan jadi satu.
    Kwantitas otak nabi adam itu setara dengan 5.592 manusia yang di gabung.
    Subhanallahu wal hamdulillahi wa laailaahaillallahu Allahu Akbar

    http://nuryahman.blogspot.com/2011/12/adam-as-adalah-manusia-tercerdas.html

    BalasHapus
  27. Yang perlu diingat adalah bahwa Allah S.W.T menciptakan Adam tidak kurang dari 100.000 Nabi Adam, nah...kita adalah turunan dari generasi Nabi Adam yg. terakhir....

    BalasHapus
  28. Masuk akal .. sebener e sebelum baca ni artikel aq sudah punya pendapat pribadi tentang hal ini, mungkin kebetulan pendapat diatas hampir sama dng apa yg aq pikir ....

    sedikit uraian pendapatku ... jaman Dinosaurus dibagi 2 jaman,kemudian asteroid menghantam Bumi dan Dinosaurus musnah,seiring pembentukan atsmosfir di situ ada jaman es, disini hidup ICE AGE .. (Mamonth, dsb) ... kmd jaman es mencair krn penguapan sbg bentuk atsmosfir ... dan setelah jaman es ... di situlah jaman Nabi Adam ... ada ayat yg mengatakan hal ini tp aq lupa ... kurang lebih ayat tersebut membahas Nabi Adam mengajarkan Malaikat nama2 binatang ... diantaranya disebutkan binatang Domba ... (dr sini terlihat perbedaan dr jaman Dinosaurus),

    Artikel diatas membahas tinggi Nabi Adam ... dng tinggi segitu masuk akal kalau Nabi Adam mampu mengitari Bumi hanya 1 hari ...

    BalasHapus
  29. subhanallah,, kalo ada 2 tuhan maka bumi dll akan rusak & kacau. alhamdulillah atas segalanya ya Allah.

    BalasHapus
  30. subhanallah,,maha suci allah dalam segala firman nya,setelah saya membaca artikel ini saya jadi banyak ilmu pengetahuan

    BalasHapus
  31. Anak kecil aja tau itu beda zaman...
    zaman nabi dulu umur manusia lebih lama dan memang tingi tapi gak tinggi lebay,hehehe
    teringat jaman (jadul) SD aja mempersoalkan hal seperti ini(karena susah cari info x yeee)
    zaman skarang tingal klik banyak penjelasan di mbah google,tapi manusia sekarang pake akal standar aja tau kalau itu beda zaman ..
    saran saya :
    jangan terlalu banyak noton sinetron lebay dan menghayal ,ntar kaya orng yg gak punya agama yg ngomen di atas nooh,hehehehehe.
    tapi klo mo jadi tolol jg boleh kok asal keren dan gak rugiin orang..oke bro???hehehehe

    BalasHapus
  32. Perdebatan yang keren. jadi semangat pengen memahami alquran. terimakasih buat semua.

    BalasHapus
  33. menurut saya islam adalah agama yg bijak,islam mnghrgai perbedaan...
    Pernah denger kata* agamamu agamau,agamaku agamaku...
    .
    Kepercayaanku kepercayaanku,kepercayaanmu kepercayaanmu
    .
    Jika di atas ada yg nggk percaya sama islam,agama dan kitab suci itu adalah hak Anda...
    .
    .yg jelas aku 100 persen percaya sama Allah Maha pencipta...
    :)

    BalasHapus
  34. Cukup Masuk Akal Namun kurang begitu faham,, mudah"han segera terungkap ^_^
    thx artikelnya

    BalasHapus
  35. mas izin tar article nya saya kutip buat aplikasi tentang dinosaurus yang mau saya buat ya, terimakasih :)

    BalasHapus
  36. salah....Nabi Adam dan dinosaurus hidup dalam masa yg berbeda, dinosaurus hidup skitar 200 jt thun lalu, Nabi Adam turun ke bumi skitar th 5000 SM

    BalasHapus
  37. salah....dinosaurus dan Nabi Adam hidup dlm zaman yg berbeda

    BalasHapus
  38. Intinya Nabi Adam dan dinosaurus hidup pada zaman purba. Paham ente sekalian?

    BalasHapus
  39. Iya brarti dinosaurus tu binatang pada zaman nabi adam..

    BalasHapus
  40. Lengkap dan di ulas secara detail tulisannya, mantap. Menambah wawasan saya tentang dinosaurus. Ternyata lebih dulu dinosaurus drpd manusia (y)

    Info yang bermanfaat brow, berita pavorit.

    BalasHapus
  41. Luar biasa, antara Doktrin Agama dan Fakta Ilmiah ditandingkan, akan menghasilkan berbagai macam persepsi. Kalau boleh tanya, bagaimana dengan mitologi Sumeria tentang Anunnaki? Mungkin akan menambah kerunyaman dari perdebatan ini. Hehehe....

    BalasHapus
  42. Ane setuju ama penjelasan tentang penciptaan alam dan isinya dan perbedaan 1 hari di akhirat dan di bumi sangat masuk akal sekali. Memang binatang lbih dulu di ciptakan . Pencerahan yg bagus.. keep posting

    BalasHapus
  43. Berdebat boleh, yang tidak boleh itu mencela, oke terima kasih…

    BalasHapus
  44. pergunakan bahasa yang baik dan sopan. tak perlu dengan emosi.
    trims,

    BalasHapus
  45. http://www.konsultasisyariah.com/adakah-dinosaurus-dalam-islam/

    BalasHapus
  46. Assalamualaikum wr wb. Kalau ada diantara saudara2 dalam forum ini yang sanggup utk membiayai, in sha Allah saya sanggup memperlihatkan rangka manusia raksasa yg saudara2 perdebatkan. Lokasinya ada di wilayah indonesia bagian timur.

    BalasHapus
  47. Bismillah

    Maaf ni saya cuman mau ikut komentar saja hehe
    maaf kalau saya salah atau gak setuju dengan saya
    tidak akan mungkin bumi ini sudah berumur ratusan atau bahkan milyaran juta tahun saya acuhkan itu tidak benar, sudah terimakasih dipikir apakai logika saja hehe

    BalasHapus
  48. Berdebat sih boleh, tapi jangan pakai urat. Islam mengajarkan kita kebaikan, bukan permusuhan, tolong hindari kalimat2 yg menyinggung, gak ada manusia yg sempurna di dunia ini, kesempurnaan hanya milik Allah SWT. Jd pesan saya utk teman2, boleh berdebat, tp hindarkan kalimat2 menyinggung agar tidak terjadi permusuhan. Terimakasih utk penulis dan teman2 semua. Wassalammualaikum warrahmatullah wabarokatuh.

    BalasHapus
  49. Berdebat sih boleh, tapi jangan pakai urat. Islam mengajarkan kita kebaikan, bukan permusuhan, tolong hindari kalimat2 yg menyinggung, gak ada manusia yg sempurna di dunia ini, kesempurnaan hanya milik Allah SWT. Jd pesan saya utk teman2, boleh berdebat, tp hindarkan kalimat2 menyinggung agar tidak terjadi permusuhan. Terimakasih utk penulis dan teman2 semua. Wassalammualaikum warrahmatullah wabarokatuh.

    BalasHapus
  50. Kalo saya pribadi suka dg hal agama n ilmu pengetahuan.. Tp tetep yg nomor 1 adalah ilmu agama ..karena mana mungkin ada mahluk hidup dan alam semesta jika tidak ada yg menciptakan..

    BalasHapus
  51. Kalo menurut saya..semua pendapat sah2 saja .. Tp klo saya .. Lbh percaya ilmu agama krn semua allah yg ciptakan ..

    BalasHapus
  52. Shalat aja yg bener,entar di kasi petunjuk loe pada.

    BalasHapus
  53. Sepertinya umur manusia itu baru berumur Quarter (-+ 1.0 juta tahun, umur dinosaurus di umur jura (kisaran 200 juta tahun yl) terjadi gap waktu yg cukup jauh. Dan pengumurannya berdasarkan carbon dating. Banyak literature yang bisa dibaca atau bisa datang ke museum Geologi di bandung

    BalasHapus
  54. Kalau anda semua percaya ada nya ghoib/gaib semuanya jadi masuk akal karna ALLAH S.W.T jga bersifat ghoib/ nur dan cahaya kemungkinan peristiwa di jelaskan di atas bisa jadi benar dan bisa jadi salah tapi yg pasti yg hina agama islam ga punya akal dan pikiran coba skarang saya mau tanya di sini anda smua prcaya ga ada nya dimensi lain/alam gaib??? Bukti ada nya setan/makhluk halus aja sudah jelas membuktikan bahwa allah itu ada.dan syetan itu yg menyesat kan manusia jadi klo ada manusi yg menyesat kan manusia maka terdapat sifat syetan pada dirinya jadi klo ada komentar yg menjelek2 kan islam kita selaku umat muslim cukup mengatakan pada orang yg berkonentar tadi( audzubilah himinas syaiton nirrajim).

    BalasHapus
  55. Assalaimualaikum (buat yg agamanya islam)

    Artikel yang masuk akal dan sebagai perenungan supaya kita umat islam tidak tertipu terus sama doktrin2 penyembah berhala & syaitan,
    Artikel ini berkaitan dengan iman, jika kita megimani Allah SWT, maka kita harus mengiamani AlQuran dan AlHadist sahih, bahwa tidak ada kesalahan dari keduanya, termasuk berita mengenai Nabi Adam AS,
    bahwa jika tinggi Nabi Adam AS sekitar 30 m maka bagi Nabi Adam AS dinosaurus yg tingginya masih lebih pendek bisa dianggap sebagai binatang yang diciptakan untuk "konsumsi Nabi Adam AS dan keluarganya", bukan sebaliknya.
    Maka bagi orang yang tertutup hatinya (Allah SWT buat Katup/sumbatan) untuk memahami AlQuran dan AlHadist maka hatinya selalu hasud dan selalu mendengan bisikan syaitan sehingga dia tidak bisa menerima ulasan artikel diatas (menjadi tentara syaitan).
    Bagi kita umat islam "dapat dengan jelas bisa membedakan" yang mana komentator yang hatinya penuh iman dan yang hatinya tertutup dari iman.
    Hal ini terjadi disetiap perdebatan yg membahas dalil AlQuran dan AlHadist, pas akan ada komentator yang menjadi "Tentara Syaitan" yg memcoba mempengaruhi iman muslimin.
    Jadi kaum muslimin saran saya sebelum membaca perdebatan seperti ini persiapkan iman anda terlebih dahulu, jangan tertipu, kebenaran itu di jalan Allah SWT dan Nabi Muhammad SWT, jika itu datangnya dari AlQuran dan AlHadist yg shahih maka kita harus imani/percaya/yakin, sesunggunya tipu daya syaitan sangatlah lemah.

    Sekali lagi percayalah bahwa tinggi Nabi Adam AS adalah 60hasta/30meter, selebihnya mudah2an terbukti sejalan waktu....

    BalasHapus
  56. Saya yakin 100% tinggi nabi adam 30 M. Karen yang ngomong Nabi Muhammad.

    BalasHapus
  57. Tyrannosaur di depan nabi Adam AS ga ada apa apanya paling cuma selututnya

    BalasHapus
  58. Tyrannosaurus di depan nabi Adam AS
    ga ada apa apanya ,paling sekali nabi Adam injek mati T-Rex nya

    BalasHapus
  59. Dinosaurus itu tidak pernah ada, yang ada adalah sekedar imaginasi orang sedangkan fosil2 yg ditemukan tidak ada yg utuh alias sepotong2 bisa jadi dari binatang besar kek gajah dst... Hanya kebohongan besar ilmuwan dan cuma bagus ditonton filmnya aja :p

    BalasHapus
  60. Ribuan tahun dan jutaan tahun.. anak tetangga w masih sd aja tau pasti lamaan jutaan tahun..

    BalasHapus
  61. hati-hati dulur ah ,bisa saja pemancing kerusuhan di artikel yang membahas kebenaran al-qur'an dengan komen yang mengacu untuk mengadu domba sesama muslim dan menggoyahkan iman kita itu adalah para misionaris dari agama lain yang ingin melihat kehancuran islam ,. ,.dan ingat "maha benar allah dengan segala firmannya" dan firman allah itu bisa lewat al-qur'an, al-hadist dan juga melalui para nabi dan rasul ,.jika ada ayat dan perkataan nabi dan rosul tentang kebenaran nabi adam A.S ,.maka kita juga harus percaya karna itu adalah perintah tuhan untuk memperayai segala kebenaran tuhan ,.

    trimakasih ,sampurasun

    BalasHapus
  62. terima kasih untuk informasi ini, tapi saya pribadi Dinosaurus itu ada dan jika kita cermati dan nalar secara baik2 kepunahan Dinosaurus itu terjadi juga atas kehendak Allah SWT sebab Nabi Adam beserta keturunannya datang kebumi untuk menjadi khalifah. kalau dilihat dari segi sains, peciptaan bumi dari BIG BANG itu mengalami perubahan yang nyata mulai dari daratan yang bergeser, ketinggian air laut yang naik, perubahan iklim global dan pemanasan global.

    pada intinya AL-Quran diturunkan sebagai pedoman hidup manusia, apa yang sudah terjadi pada masa lalu dan masa datang sudah ditulisakan dalam 30 Juz, tinggal bagaimana kita umat muslim belajar menyikapi secara baik sesuai akidah. dalam Al-Quran ilmu sains itu sudah ada.

    BalasHapus

Tuliskan Pendapat, Kritik, atau Saran anda, berkomentarlah dengan bahasa yang baik.
Terima Kasih.

Sains

Historis