• Contact

Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 di Indonesia

Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016, merupakan gerhana pertama dalam seri gerhana di tahun 2016. Pada tahun tersebut, akan terjadi 5 gerhana dengan komposisi 3 gerhana bulan penumbral dan 2 gerhana matahari yang terdiri dari gerhana total dan gerhana cincin.
Gerhana Matahari Total 2016 akan dapat dinikmati oleh beberapa negara di antaranya negara-negara di Rusia, Asia Tenggara, sebagian Asia Selatan, sebagian Australia, Asia Timur, Papua New Guinea, Mikronesia, Samudera Pasifik dan beberapa area di Amerika Serikat. Dari seluruh negara yang dilewati, Indonesia merupakan negara paling beruntung, karena jalur totalitas akan melintasi Indonesia, merentang dari Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah dan berakhir di Maluku Utara. Kota-kota yang akan dilintasi oleh jalur Gerhana Matahari Total di Indonesia adalah sebagian area Lubuk Linggau. Palembang, Toboali, Koba, Manggar, Tanjung Pandan, Palangkaraya, Balikpapan, Sampit, Palu, Poso, Ternate, Tidore, Sofifi, Jailolo, Kao, Maba.

Sebagian besar India dan Nepal akan mengalami gerhana matahari parsial. Sementara itu, Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Papua Nugini akan dapat menyaksikan lebih dari 50% gerhana parsial. Sedangkan KambojaMyanmarVietnam dan Thailand akan melihat sekitar 50% gerhana matahari parsial. Sementara Australia, ChinaJepang dan Alaska akan mendapatkan kurang dari 50% gerhana parsial.




Sumber:
http://gerhana.langitselatan.com/waktu-jalur-gmt-2016/
https://id.wikipedia.org/wiki/Gerhana_Matahari_9_Maret_2016

Baca Artikel lainnya dibawah ini:

Description: Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 di Indonesia Rating: 4.5 Reviewer: Egi Dwi Purnomo ItemReviewed: Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 di Indonesia
Posted by:Mbah Qopet
Mbah Qopet Updated at: 06.08.00

0 komentar

Posting Komentar

Tuliskan Pendapat, Kritik, atau Saran anda, berkomentarlah dengan bahasa yang baik.
Terima Kasih.

Sains

Historis